Senin, 25 Mei 2020

Urin Astronot Dapat Digunakan untuk Membangun Rumah di Bulan

- 31 Maret 2020, 07:08 WIB
UREA di dalam urin manusia dapat digunakan sebagai bahan bangunan rumah di Bulan /Journal of Cleaner Production via Mirror

PIKIRAN RAKYAT - Badan Antariksa Amerika Serikat terus berambisi untuk membangun rumah di Bulan, kini ilmuwan telah mengungkapkan bahwa air urin astronot bisa menjadi bahan untuk membangun rumah di Bulan.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Mirror, dalam sebuah studi di Polytechnic University of Cartagena, hasil menunjukkan urea yang ditemukan di dalam urin dapat digunakan seperti struktur beton.

Urea di dalam urin astronot bisa menjadi solusi karena tidak harus mengangkut bahan bangunan dari Bumi.

Baca Juga: Perantau Tak Pulang dan Terjebak Isolasi Asal Jateng Dijanjikan Ganjar Pranowo 'Diopeni'

"Untuk membuat beton geopolimer yang akan digunakan di bulan, idenya adalah menggunakan apa yang ada di sana: regolith (bahan lepas dari permukaan bulan) dan air dari es yang ada di beberapa wilayah," kata Professir Ramon Pamies selaku penulis penelitian.

Menurut Ramon, dua komponen utama cairan tubuh manusia tersebut adalah air dan urea, molekul yang memungkinkan ikatan hidrogen terputus.

Dalam studi tersebut, para peneliti menguji menggunakan urea sebagai plasticizer untuk membangun silinder lumpur. Silinder dipanaskan hingga 80 derajat celcius sebelum ketahanannya diuji.

Baca Juga: Ramalan Zodiak 31 Maret 2020, Hari Ini akan Terasa Membosankan bagi Aries dan Aquarius

Hasil penelitian itu menunjukkan bahwa urea dari urin dapat berfungsi sebagai plasticizer yang dapat diandalkan di masa depan.

Halaman:

Editor: Mitha Paradilla Rayadi

Sumber: Mirror


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X