Kamis, 28 Mei 2020

Gara-gara Virus Corona, AS Persiapkan Tindakan Keras Terhadap Pasokan Chip Huawei

- 30 Maret 2020, 10:39 WIB
AS persiapkan tindakan keras terhadap pasokan chip Huawei dari Tiongkok, menyusul perdebatan soal virus corona. /Dok. Huawei

PIKIRAN RAKYAT - Pejabat senior dalam pemerintahan Donald Trump telah menyetujui langkah-langkah baru untuk membatasi pasokan global chip untuk Huawei.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Japan Today, sumber yang paham dengan masalah tersebut mengatakan Gedung Putih meningkatkan kritiknya terhadap Tiongkok karena terjadinya wabah virus corona yang bermula dari Kota Wuhan.

Langkah tersebut dilakukan saat hubungan antara Washington dan Beijing semakin tegang soal siapa yang harus disalahkan atas penyebaran COVID-19. Dilaporkan pula, adanya tekanan pengusiran jurnalis di kedua negara.

Baca Juga: Kepastian Hukum ketika Sepak Bola Terhenti karena Virus Corona

Perubahan peraturan yang diusulkan yakni perusahaan asing yang menggunakan peralatan pembuat chip AS akan diminta untuk mendapatkan lisensi sebelum memasok chip tertentu ke Huawei.

Perusahaan asal Tiongkok itu telah masuk daftar hitam AS sejak Mei 2019 lalu.

Salah satu sumber mengatakan, perubahan aturan itu ditujukan untuk membatasi penjualan chip ke Huawei oleh Taiwan Semiconductor Manufacturing Co (TSMC), produsen utama chip untuk unit HiSilicon Huawei, serta pembuat kontrak terbesar di dunia.

Tidak jelas apakah Presiden Donald Trump, yang tampaknya menentang proposal bulan lalu, akan menandatangani perubahan peraturan.

Baca Juga: Covid-19 Merebak, Sidang di Karawang Digelar Melalui Video Conference

Halaman:

Editor: Andika Thaselia Prahastiwi

Sumber: Japan Today


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X