Kamis, 28 Mei 2020

Polusi Udara di Kota-kota Eropa Turun Drastis saat Pandemi COVID-19

- 28 Maret 2020, 10:42 WIB
Penurunan polusi udara terlihat Ibukota Madrid, Spanyol.* / Badan Antariksa Eropa (ESA) via Daily Mail

PIKIRAN RAKYAT - Gambar satelit dari Badan Antariksa Eropa (ESA) menunjukkan penurunan tingkat polusi udara di kota-kota Eropa karena langkah-langkah isolasi virus corona.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Daily Mail, menurut ESA, perubahan jumlah senyawa kimia nitrogen dioksida (NO2) di kota-kota Eropa seperti Paris, Milan dan Madrid.

Gambar yang ditangkap satelit ESA Copernicus Sentinel-5P memetakan tingkat polusi udara Eropa sejak wabah virus muncul pemberlakuan lockdown diterapkan.

Baca Juga: Bantah Tuduhan Gelapkan Uang, Irwansyah Ungkap Kronologi Perseteruan Bandung Makuta 

Gambar menunjukkan tingkat 14 hingga 25 Maret 2020 yang dibandingkan dengan konsentrasi udara kotor pada bulan sama di tahun 2019.

Menurut Henk Eskes dari Koninklijk Nederlands Meteorologisch Instituut mengatakan alasan pemilihan rentang tanggal tersebut karena konsentrasi kadar NO2.

"Konsentrasi nitrogen dioksida bervariasi dari hari ke hari karena perubahan cuaca. Kesimpulannya tidak dapat ditarik berdasar pada data satu hari saja.

Baca Juga: Jurus Aktor Terbaik Festival Film Indonesia 2019 Muhammad Khan saat #dirumahaja 

"Dengan menggabungkan data untuk periode waktu tertentu, 10 hari dalam kasus ini, variabilitas meteorologis keluar rata-ratanya dan kami mulai melihat dampak perubahan akibat aktivitas manusia," kata Eskes.

Halaman:

Editor: Alanna Arumsari Rachmadi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X