Rabu, 3 Juni 2020

Aplikasi Pelacak Sebaran Virus Corona Dapat Digunakan Pekan Depan Melalui Android atau IOS

- 28 Maret 2020, 06:30 WIB
ILUSTRASI aplikasi, peta, tracing, tracking, smartphone, tablet.* /PIXABAY

PIKIRAN RAKYAT - Mempermudah lakukan tracing, tracking dan fencing, pembatasan untuk mengatasi sebaran corona di Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) bekerjasama dengan Kementerian BUMN membuat sebuah aplikasi.

Aplikasi yang ditujukan untuk melacak penyebaran virus corona itu untuk sementara dinamai PeduliLindungi. Aplikasi tersebut akan dapat diunduh mulai pekan depan, baik untuk sistem operasi Android maupun iOS.

Baca Juga: Satu-satunya Pasien Positif Corona di Cirebon Tulis Surat untuk Presiden Jokowi

"Nama aplikasi ini yang dalam uji coba dan stressing test dikenal dengan nama sementara PeduliLindungi masih akan dimintakan persetujuannya kepada Bapak Presiden. Kita berharap Beliau yang akan memberikan nama resminya nanti," kata Menkominfo, Johnny G Plate, dalam keterangan resmi, Jumat 27 Maret 2020 malam.

Aplikasi tersebut dikembangkan oleh Kominfo bersama Kementerian BUMN untuk melakukan tracing (penelusuran), tracking (pelacakan) dan fencing, pembatasan, untuk mengatasi penyebaran infeksi COVID-19 akibat virus corona di Indonesia.

Baca Juga: Pemain Persib Bandung jadi Pesepakbola Pertama di Indonesia yang Terinfeksi COVID-19

"Aplikasi tersebut akan membantu masyarakat untuk saling menjaga dan melindungi agar penularan corona bisa dihentikan," kata Johnny.

Kominfo menyatakan cara kerja aplikasi ini mirip dengan TraceTogether, yang dikembangkan di Singapura, namun, fitur-fiturnya berbeda, menyesuaikan dengan kebutuhan Indonesia yang memiliki jumlah penduduk jauh lebih banyak dibandingkan negara tersebut.

Baca Juga: Persib Bandung Klub Profesional Pertama di Indonesia Konfirmasi Pemainnya Positif Virus Corona

Halaman:

Editor: Ari Nursanti

Sumber: Antara


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X