Situs Terkait COVID-19 Berisi Malware, Badan Siber Sandi Negara Berikan Tips

- 23 Maret 2020, 16:16 WIB
Ilustrasi virus yang menginfeksi perangkat.* /PIXABAY

PIKIRAN-RAKYAT - Badan Siber dan Sandi Negara Republik Indonesia (BSSN) telah memperingatkan pengguna internet untuk waspada terhadap situs-situs yang memuat informasi virus corona.

Menurut BSSN, di tengah merebaknya isu wabah virus corona, banyak threat actor (pengancam) yang memanfaatkannya dengan menyebarkan malware atau ransomware yang bisa mengancam perangkat pengguna.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com berikut ini langkah-langkah pencegahan infeksi malware atau ransomware terkait situs atau aplikasi COVID-19:

Baca Juga: Imbas Virus Corona, 14 Hotel di Kota Bogor Tutup Sementara, Yuno : PHRI Minta Tunda Penagihan Kewajiban Pajak 

1. Hindari mengunjungi situs yang tidak diketahui reputasinya serta selalu waspada untuk tidak mengklik tautan dari sumber yang tidak dapat diverifikasi kebenarannya.

loading...

2.Pastikan hanya menginstal aplikasi Android yang sudah terverifikasi (melalui PlayStore) dan perhatikan track record dari pengembang sebelum melakukan instalasi aplikasi.

3.Pastikan perangkat mobile Anda dilengkapi dengan antivirus dengan definisi yang termutakhir (up-to-date).

Baca Juga: Batal Gelar Hajatan Sunat Rafathar, Nagita Slavina: Aku Kasihan, Dia Belum Ketemu Temen-temennya 

4.Periksa terlebih dahulu mengenai keabsahan aplikasi mobile yang akan diinstalasi ke perangkat Anda, pastikan sudah di-scan dengan AntiVirus atau sudah diperiksa pada database malware (misalnya VirusTotal) untuk dicek signature-nya.

Halaman:

Editor: Alanna Arumsari Rachmadi

Sumber: Badan Siber dan Sandi Negara


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X