Rabu, 1 April 2020

Badan Siber dan Sandi Negara Peringatkan Pengguna Android Bahaya Situs Coronavirusapp[.]site

- 23 Maret 2020, 15:01 WIB
Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) peringatkan bahaya situs coronavirusapp.site.* /Tangkapan layar situs coronavirusapp.site

PIKIRAN RAKYAT - Meningkatnya isu wabah COVID-19 akhir-akhir ini justru dimanfaatkan oleh threat actor (ancaman) dengan menyebarkan aplikasi utilitas virus corona.

Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) mengumumkan dengan menyebut ancaman itu merupakan malware yang menyasar pada pengguna Android.

Salah satu aplikasi mobile itu bernama Corona Virus Tracker yang diunduh melalui domain situs coronavirusapp[.]site.

Baca Juga: Pemkot Bogor Pilih Tes Covid Massal di Wilayah Kota Bogor, Dedie : Masih Menunggu Jumlah Test Kit yang Akan Diberikan Pemprov Jabar 

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari laman resmi BSSN, aplikasi Corona Virus Tracker berfungsi sebagai aplikasi tracking area yang terdampak COVID-19.

loading...

Setelah di instal, aplikasi akan meminta permission (perizinan) antara lain yaitu lockscreen dan ignore battery optimization.

Ignore Battery Optimization digunakan sebagai metode persistence dengan mengabaikan kondisi baterai yang lemah untuk mematikan aplikasi.

Baca Juga: Usulan Ridwan Kamil Rapid Test Covid-19 Warga Kota Bogor di Stadion Pakansari, Pemkot Pilih di Wilayah Sendiri 

Ada pun permission lockscreen digunakan threat actor untuk mengenkripsi perangkat korban, ketika aplikasi telah berhasil di instal.

Halaman:

Editor: Alanna Arumsari Rachmadi

Sumber: Badan Siber dan Sandi Negara

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X