Satelit LAPAN Sebarkan Pesan 'Lawan Corona', Bisa Diterima melalui Handie Talkie

- 21 Maret 2020, 19:03 WIB
Pesan yang disebarkan satelit LAPAN.* /LAPAN

PIKIRAN RAKYAT - Satelit milik Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) LAPAN-A2/LAPAN-ORARI turut mendukung gerakan melawan virus COVID-19 dengan menyebarkan sebuah pesan terkait pengendalian virus corona.

Satelit generasi kedua ini menyebarkan pesan teks 'Tetap Sehat, Tinggal di Rumah #LawanCorona' melalui frekuensi radio HT (Handie Talkie).

Peneliti Pusat Teknologi Satelit, Sonny Dwi Harsono menjelaskan bahwa pesan tersebut merupakan bentuk dukungan terhadap kebijakan pemerintah tentang social distancing.

Baca Juga: Libur Akhir Pekan Suasana Pantai Pangandaran Lengang, Usai Ditutupnya Destinasi Wisata Mencegah Penyebaran Covid-19 

 

Kebijakan tersebut menganjurkan kita semua untuk mengurangi aktivitas di luar rumah serta interaksi dengan orang lain maupun membuat kerumunan.

“Jadi pesan ini dikirimkan oleh satelit LAPAN A2 melalui beacon APRS (Automatic Packet Reporting System) yang dipancarkan ke seluruh wilayah Indonesia.

APRS ini merupakan sistem komunikasi berbasis teks pesan pendek seperti SMS pada handphone. Namun pesan APRS ini hanya dapat diterima melalui HT (Handie Talkie) yang memiliki penerima pesan APRS tersebut,” ujar Sonny seperti dikutip Pikiran-Rakyat.com dari laman resmi LAPAN.

Baca Juga: Kabar Baik, Tiga Warga Jabar Dinyatakan Sembuh dari Virus Corona 

Halaman:

Editor: Alanna Arumsari Rachmadi

Sumber: Laman resmi LAPAN


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X