Kamis, 9 April 2020

Kemenkominfo Luncurkan Layanan Chatbot WhatsApp Terkait Informasi COVID-19, Berikut Nomor Akunnya

- 20 Maret 2020, 06:39 WIB
APLIKASI WhatsApp /INSTAGRAM @WHATSAPP

PIKIRAN RAKYAT - Untuk memfasilitasi informasi yang akurat dan tepat dalam melawan kabar terkait virus corona atau COVID-19, Kementerian dan Informatika (Kemenkominfo) meluncurkan chatbot di WhatsApp.

Hal itu diungkapkan Menteri Kominfo Johny G. Plate dalam konferensi pers yang disiarkan secara live di kanal YouTube Kemenkominfo TV pada Kamis, 19 Maret 2020.

Chatbot WhatsApp sendiri merupakan sebuah program kecerdasan buatan yang memungkinkan pengguna untuk melakukan percakapan. Akun tersebut dapat membalas secara otomatis jika membalas pesan dengan kode tertentu.

Baca Juga: Wali Kota Bogor Positif Corona, Bima Arya: Waspada, Tawakal dan Bermunajatlah kepada yang Maha Kuasa

"Publik dapat berinteraksi dengan aplikasi pemerintah tersebut untuk memperoleh informasi secara interaktif melalui chatbot yang kontennya disediakan oleh BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana dan Kemenkes RI," ujar Menteri Johny seperti dikutip Pikiran Rakyat.com dari kanal YouTube Kemenkominfo TV.

Berdasarkan pantauan Pikiran-Rakyat.com, akun WhatsApp Chatbot itu bernama COVID-19.GO.ID dan diberi tanda centang warna hijau serta memuat foto profil lambang Garuda Indonesia.

Tangkapan layar akun chatbot WhatsApp.
Tangkapan layar akun chatbot WhatsApp.

Hingga Kamis,19 Maret 2020, layanan chatbot itu sudah bisa diakses melalui nomor +62 811-3339-9000, namun akun tersebut belum membalas informasi lanjutan yang diminta.

Baca Juga: Terapkan Protokol Antivirus Corona, Mandiri Pastikan Layanan Cabang Normal

Halaman:

Editor: Mitha Paradilla Rayadi

Sumber: Kemenkominfo

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X