Siap Unduh, Aplikasi yang Bisa Deteksi Saat Kita Berpapasan dengan Pengidap Virus Corona Diluncurkan

- 19 Maret 2020, 15:22 WIB
Sebuah aplikasi yang bisa mendeteksi keberadaan penderita virus corona atau COVID-19 bisa diunduh dan siap digunakan. /PIXABAY

PIKIRAN RAKYAT - Institut Teknologi Massachusetts di Amerika Serikat menciptakan aplikasi baru yang dapat memberi tahu penggunanya jika berpapasan dengan seorang pengidap virus corona.

Aplikasi yang disebut Private Kit: Safe Paths merupakan aplikasi open-souce yang membagikan data lokasi pengguna ponsel dan memberi tahu pengguna jika melakukan kontak dengan seorang pengidap COVID-19.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Digital Trends, aplikasi ini akan mengirimkan pemberitahuan kepada pengguna mengenai lokasi mana saja yang terdapat kasus virus corona.

Baca Juga: 3 Tips Mudah Menciptakan Rapat Kerja secara Virtual agar Lebih Nyaman

Profesor MIT Media Lab, Ramesh Raskar mengatakan bahwa aplikasi dapat memungkinkan lokasi tertentu untuk ditutup. Pendekatan ini dimaksudkan untuk meringankan gangguan sosial dan ekonomi yang diakibatkan oleh wabah virus corona.

Dia menambahkan bahwa aplikasi Private Kit: Safe Paths hanya efektif jika orang benar-benar menggunakannya.

Aplikasi tersebut dapat diunduh di situs https://safepaths.mit.edu/ untuk perangkat Android dan iOS. Namun, berdasarkan pantauan Pikiran-Rakyat.com, aplikasi tersebut belum tersedia untuk wilayah Indonesia.

Aplikasi ini dibuat oleh tim kolaborasi dari Harvard, Facebook, Mayo Clinic, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS.

Baca Juga: KPK Lelang Tanah dan Bangunan Hasil Rampasan dari Eks Wali Kota Madiun

Halaman:

Editor: Andika Thaselia Prahastiwi

Sumber: Digital Trends


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X