Selasa, 31 Maret 2020

Peneliti Klaim Asteroid yang Buat Punah Dinosaurus Bisa Kembali di Masa Depan

- 10 Maret 2020, 16:12 WIB
ILUSTRASI asteroid mendekati Bumi.* /Pixabay

PIKIRAN RAKYAT - Sekitar 66 juta tahun lalu, asteroid menghantam Bumi, yang menyebabkan kepunahan binatang purba dinosaurus. Dampak benda luar angkasa ini memicu kehancuran dunia pada skala global.

Para ahli percaya bahwa serangan asteroid tersebut mengakibatkan kepunahan lebih dari 70 persen dari semua spesies yang ada di Bumi.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari International Busines Times, sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa dampak yang sama juga memusnahkan pemukiman manusia purba pada skala regional.

Baca Juga: Belum juga Puasa Ramadan, 835.000 Tiket Kereta Api untuk Lebaran Telah Terjual

Situs arkeologi Abu Hureyra diperkirakan pemukiman manusia yang terdampak akibat jatuhnya asteroid ke Bumi.

loading...

Abu Hureyra adalah sebuah situs kuno yang memberikan petunjuk mengenai transformasi manusia dari pemburu menjadi petani sekitar 13 ribu tahun yang lalu.

Adalah Santa Barbara, seorang peneliti dari University of California menemukan kaca yang meleleh di daerah yang kini sudah terendam di Danau Assad, Suriah Utara.

Baca Juga: Jadwal Liga Champions Rabu, 11 Maret 2020: Misi Berat bagi Tottenham dan Valencia untuk Melaju ke Babak 8 Besar

Diketahui, diperlukan suhu panas 1.200 derajat Celcius untuk membuat kaca meleleh, namun manusia saat itu tidak memiliki teknologi semacam itu.

Halaman:

Editor: Mitha Paradilla Rayadi

Sumber: International Bussines Times

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X