Selasa, 31 Maret 2020

Telah Lama Diteliti NASA, Penemuan Medan Magnet di Mars Bantu para Ilmuwan Temukan Misteri Baru

- 9 Maret 2020, 16:23 WIB
PLANET Mars atau Planet Merah.* /SPACE.COM

PIKIRAN RAKYAT - NASA dikabarkan telah lama menggunakan Investigasi Seismik, Geodesi, dan Transportasi Panas (InSight) yang mendarat di Mars sejak bulan November 2018.

Lembaga pemerintah milik Amerika Serikat ini, juga memiliki misi utamanya selama dua tahun untuk mempelajari seismologi Mars dan lingkungan interiornya.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari laman Science Alert, disebutkan pula bahwa saat ini lebih dari satu setengah tahun kemudian sejak alat tersebut mendarat ternyata Mars memiliki bukti penelitian baru bagi para ilmuwan.

Baca Juga: Apple Watch Bisa Pantau Kesehatan Melalui Deteksi Kadar Oksigen dalam Darah

Diantaranya hasil dari dua belas bulan pertama pendarat di permukaan Mars telah dirilis dalam serangkaian penelitian lanjutan.

loading...

Salah satu penelitian ini, yang juga baru diterbitkan dalam jurnal Nature Geosciences mendapatkan berbagai temuan yang menarik tentang medan magnet di Mars.

Menurut tim peneliti di belakangnya, medan magnet di dalam kawah tempat InSight mendarat sepuluh kali lebih kuat dari yang diperkirakan.

Baca Juga: Ini Syarat Bagi Warga Negara Asing yang Ingin Ajukan Izin Tinggal Sementara di Indonesia

InSight sendiri merupakan sebuah misi pendarat tak berawak Mars yang diluncurkan oleh NASA. Karena pendarat tanpa awak tersebut, para ilmuwan dapat memiliki pemahaman baru tentang planet terestrial di tata surya tersebut.

Halaman:

Editor: Farida Al-Qodariah

Sumber: Science Alert

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X