Minggu, 29 Maret 2020

Perang Dagang: AS Ancam Kanada akan Kehilangan Informasi Intelijen jika Izinkan Jaringan 5G Huawei

- 9 Maret 2020, 15:07 WIB
Donald Trump.* /AFP

PIKIRAN RAKYAT - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengirim pejabat khusus untuk menekan pemerintah Kanada melarang jaringan 5G Huawei di negara itu.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari The Globe and Mail, sumber dari AS mengatakan bahwa perwakilan khusus Gedung Putih memperingatkan Kanada akan kehilangan akses intelijen jika jaringan Huawei diizinkan.

Perwakilan khusus Gedung Putih Robert Blair melakukan pertemuan dengan pejabat Kanada. Dalam pertemuan itu, AS mengajukan keberatan terhadap peralatan 5G asal Tiongkok.

Baca Juga: Di Tengah Ancaman Virus Corona COVID-19, 15 Orang Meninggal karena DBD di Jawa Barat hingga Awal Maret 2020 Ini

Surat kabar Globe and Mail yang berbasis di Kanada merahasiakan nama pejabat dan tidak mengomentari masalah tersebut.

loading...

Ini adalah kunjungan tingkat tinggi pertama AS ke Kanada yang menekan sekutunya Kanada untuk tidak membiarkan Huawei masuk.

Washington juga berencana untuk mengirim wakil penasihat keamanan nasional Matthew Pottinger dan penasihat ekonomi Larry Kudlow untuk membatalkan urusan dengan Huawei karena krisis wabah virus corona.

Baca Juga: Dampak Virus Corona Semakin Mengkhawatirkan, Pertandingan Liga Champions dan Liga Eropa Terancam Tanpa Penonton

Pemerintahan Trump, badan intelijen dan Kongres AS memimpin kampanye secara global untuk melawan teknologi asal Tiongkok itu karena alasa keamanan dan mata-mata.

Halaman:

Editor: Mitha Paradilla Rayadi

Sumber: The Globe and Mail

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X