Selasa, 31 Maret 2020

Tak Didukung Pembaruan Keamanan Google, Satu Miliar Ponsel Android Berisiko Diretas

- 8 Maret 2020, 15:28 WIB
ILUSTRASI ponsel Android.* /PIXABAY

PIKIRAN RAKYAT - Lebih dari satu miliar ponsel dan tablet Android di seluruh dunia rentan terhadap peretasan karena tidak lagi didukung oleh pembaruan keamanan dari Google.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Mirror, sebuah laporan dari kelompok konsumen Which menemukan bahwa terdapat 40 persen pengguna Android masih menjalankan versi lama dan tidak lagi menerima pembaruan keamanan dari Google.

Mengingat Android sebagai sistem operasi seluler paling populer di dunia, kelompok konsumen Which mengatakan ada jutaan smartphone berpotensi mengalami pencurian data dan serangan dari peretas.

Baca Juga: Kolaborasi dengan 815 Kiai dalam Program Ajengan Masuk Sekolah, Pangandaran Banyak Dapat Apresiasi

Berdasarkan data Google, tahun 2019 ada lebih dari 2,5 miliar perangkat Android yang aktif di seluruh dunia.

loading...

Versi lama dari sistem operasi seluler umumnya berusia lebih dari dua tahun dan sering kali pembaruan keamanan dihentikan oleh pengembang.

Menurut kelompok konsumen Which, ponsel yang lebih tua seperti produk dari Motorola, Samsung, Sony dan LG ditemukan memiliki kerentanan untuk diretas.

Baca Juga: Lulusan Fakultas Hukum Unpad Harus Punya 2 Skill Penting agar Tidak Gagap Setelah Terjun ke Masyarakat

Perangkat Android yang dirilis pada tahun 2012 atau lebih lama seperti Samsung Galaxy S3 dan Sony Xperia S harus hati-hati terhadap peretasan.

Halaman:

Editor: Alanna Arumsari Rachmadi

Sumber: Mirror

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X