Minggu, 29 Maret 2020

Persiapkan 5G, Operator Seluler Gencar Fiberisasi Jaringan

- 2 Maret 2020, 15:09 WIB
TERRITORY Sales Area Cimahi, Kabupaten Bandung Barat PT XL Axiata Tbk Akhifin (kiri), Customer & Brand Experience XL Axiata Stanley Andrew (kedua kiri) dan Promo Lead XL Axiata Edward Pribadi (kanan) berbincang dengan pemenang pertama pada puncak acara Awarding DigiRace putaran ke-empat di Jalan Kolonel Masturi, Kota Cimahi, Sabtu, 29 Februari 2020.* /ADE BAYU INDRA/PR

PIKIRAN RAKYAT – Mempersiapkan jaringan 5G, PT XL Axiata, Tbk. menggenjot fiberisasi di wilayah Jawa Barat (Jabar), termasuk Bandung Raya. XL menargetkan, hingga akhir 2020, fiberisasi jaringan mencapai 70% Base Transceiver Station (BTS). 

Demikian diungkapkan Group Head Central Region XL Axiata, Rd. Sofia Purbayanti, pada Awarding “DigiRace 2020” di Cimahi, akhir pekan lalu. Menurut dia, secara nasional, hingga akhir 2019, sekitar 50% BTS telah terhubung dengan jaringan fiber.

 Baca Juga: Ajang Perdana MotoGP Dibatalkan, Pemerintah Thailand Tunda Balapan di Sirkuit Buriram tanpa Batas Waktu

"Saat ini fiberisasi jaringan XL sudah dilakukan di semua ibukota provinsi di Jawa dan kota-kota besar, terutama yang secara pertumbuhan data sudah memerlukan jaringan fiber," katanya.

Ia mengatakan, secara teknis, fiberisasi merupakan upaya modernisasi jaringan dengan cara menghubungkan BTS melalui jalur fiber.

Di dalamnya termasuk regenerasi perangkat-perangkat BTS, seperti antara lain mengganti perangkat yang selama ini memakai microwave menjadi fiber.

loading...

Baca Juga: Kronologi Virus Corona Masuk ke Indonesia 

Sofia mengatakan, sebagai teknologi jaringan tercanggih, 5G mampu menghadirkan kecepatan data yang tinggi, jumlah pemakai yang lebih banyak, dan delay atau latency yang rendah.

Keunggulan teknologi tersebut hanya bisa didapatkan jika site atau BTS terkoneksi dengan jaringan fiber. 

"Oleh karena itu, dalam tiga tahun terakhir kami sudah melakukan program fiberisasi ini secara masif di seluruh wilayah Indonesia, termasuk Bandung Raya," katanya.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X