Minggu, 29 Maret 2020

Kendalikan Ponsel Ilegal, Pemerintah akan Pakai Skema White List

- 29 Februari 2020, 11:55 WIB
Pemerintah akan berlakukan skema White List untuk mencegah peredaran perangkat ilegal.* /Pixabay

PIKIRAN RAKYAT - Pemerintah secara resmi akan memberlakukan kebijakan pengendalian International Mobile Equipment Identity (IMEI).

Bekerja sama dengan seluruh operator telekomunikasi, pemerintah berkomitmen mencegah peredaran perangkat ilegal melalui regulasi baru.

Pemerintah akan menggunakan skema White List sebagai proses pengendalian IMEI secara preventif agar masyarakat mengetahui legalitas perangkat yang akan dibeli.

Baca Juga: Minta Istri Pertama Kiwil Tidak Ikut Campur dengan Perceraiannya, Meggy Wulandari: Mohon Mbak Rohimah Jangan Banyak Komentar

Skema ini dipilih dengan pertimbangan melindungi dan memitigasi masyarakat yang membeli perangkat tersebut,” ujar Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Kominfo, Ismail, dalam Konferensi Pers di Ruang Serbaguna Kominfo, Jakarta, 28 Februari 2020 seperti dikutip Pikiran-Rakyat.com dari laman resmi Kominfo.

loading...

Regulasi tersebut mulai berlaku pada 18 April 2020. Masyarakat yang saat ini perangkatnya sudah aktif sebelum 18 April 2020 akan tetap tersambung ke jaringan bergerak seluler sehingga tidak diperlukan registrasi invidual.

Dengan berlakunya keputusan itu, maka skema blacklist batal diterapkan di Indonesia

Baca Juga: Hamil 1 Bulan, Nagita Slavina Keguguran

Dirjen Ismail mengatakan skema blacklist mengibaratkan masyarakat menggunakan lebih dulu ponsel yang dibeli dan jika ternyata ilegal maka akan muncul notifikasi pemblokiran.

Halaman:

Editor: Mitha Paradilla Rayadi

Sumber: Kominfo

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X