Rabu, 1 April 2020

Legenda Matematika, 'Manusia Komputer' NASA Katherine Johnson Wafat di Usia 101 Tahun

- 25 Februari 2020, 19:47 WIB
KATHERINE Johnson saat bekerja di NASA.* /Instagram/@nasa

PIKIRAN RAKYAT - Matematikawan NASA, Katherine Johnson meninggal pada Senin, 24 Februari 2020 di usia 101 tahun.

Johnson dikenal sebagai pembuat perhitungan untuk membantu orang Amerika pertama yang ke luar angkasa dan kembali dengan selamat.

Di antara banyak prestasi, ia telah menyelesaikan analisis lintasan untuk penerbangan suborbital Alan Shepard tahun 1961 yang menjadi tahap pertama kalinya AS mengirim manusia ke luar angkasa.

Baca Juga: Konfirmasi Malioboro Mall terkait Plafon Jebol yang Sebabkan Air Mengucur Deras: Mal Tetap Beroperasi seperti Biasa

"Ms Johnson membantu negara kami (AS) memperbesar batas ruang bahkan ketika dia membuat langkah besar yang juga membuka pintu bagi wanita dan orang kulit berwarna,” kata administrator NASA Jim Bridenstine dalam sebuah pernyataan seperti dikutip Pikiran-Rakyat.com dari The Verge, Selasa 25 Februari 2020.

loading...

"Dedikasi dan keterampilannya sebagai ahli matematika membantu menempatkan manusia di Bulan dan sebelum itu memungkinkan para astronot kita untuk mengambil langkah pertama di luar angkasa yang sekarang kita ikuti dalam perjalanan ke Mars," tambahnya.

Karier Katherine Johnson selama 33 tahun mendorong banyak terobosan AS dalam mengeksplorasi ruang angkasa seperti peluncuran manusia pertama ke Bulan yaitu Neil Amstrong.

Baca Juga: Ini Daftar 10 Kecamatan di Bekasi yang Tergenang Banjir, Karsono : Hanya Pondok Melati dan Bantargebang yang Aman

Kontribusi Johnson sempat tak diakui selama beberapa dekade.

Halaman:

Editor: Alanna Arumsari Rachmadi

Sumber: The Verge

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X