Selasa, 7 April 2020

Satelit NASA Rilis Foto Benua Antartika yang Mencair, Tumpukan Es Lenyap dalam Waktu 9 Hari

- 23 Februari 2020, 16:44 WIB
Dua gambar yang menunjukkan mencairnya salju di Pulau Eagle, Antartika.* /Dok. NASA

PIKIRAN RAKYAT - Badan antariksa Amerika Serikat, NASA merilis gambar yang menampilkan salju-salju di Benua Antartika meleleh sejak awal Februari 2020.

Pada Kamis 6 Februari 2020, Pangkalan Esperanza Argentina telah mencatat suhu 18,3 derajat celsius di Semenanjung Trintity Antartika.

Sementara itu, Organisasi Metereologi Dunia masih memverifikasi foto-foto yang ditampilkan NASA.

Baca Juga: PRSI Fokuskan Persiapan Jelang Bergulirnya PON Papua dan Olimpiade Tokyo

Earth Observatory NASA merilis dua gambar pulau di Antartika yang mengalami perubahan hanya dalam waktu seminggu. Gambar NASA itu menunjukkan mencairnya salju dan es di Pulau Eagle yang diambil oleh Operasional Land Imager (OLI) di Landsat 8 pada 8 Februari dan 13 Februari 2020.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari situs resmi NASA, ada sekitar 20 persen salju mencair jika dilihat dari foto yang ditampilkan.

Ahli glasiologi,Mauri Pelto mengamati peristiwa pemanasan global itu, sekitar 1,5 kilometer persegi salju penuh dengan air yang sudah mencair.

Baca Juga: Agar Psikisnya Tenang, Siswa SMP 16 Malang yang Jarinya Diamputasi Usai Jadi Korban Bully Didampingi Psikolog

Menurut model iklim, pada tanggal Kamis 6 Februari 2020, pulau Eagle mengalami tingkat puncak leleh sebesar 30 milimeter atau 1 inci.

Halaman:

Editor: Mitha Paradilla Rayadi

Sumber: NASA

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X