Sabtu, 4 April 2020

Robot Ular, Jadi Inovasi Peneliti untuk Bantu Deteksi Korban di Lokasi Bencana

- 19 Februari 2020, 10:43 WIB
ROBOT ular sebagai inovasi untuk mendeteksi korban di lokasi bencana alam.* /Johns Hopskin University

PIKIRAN RAKYAT - Sebuah robot yang menyerupai ular dikembangkan oleh ilmuwan untuk memajukan kemampuan pencarian dan penyelamatan saat bencana.

Harapannya, suatu saat robot dapat membantu menjelajahi tempat atau medan yang susah diakses seperti puing-puing akibat gempa bumi.

Robot ular akan bergerak dan bisa memanjat dengan cepat dan lebih stabil dan diharapkan mirip seperi gerakan ular.

Baca Juga: Antisipasi Corona COVID-19, Imigrasi Sukabumi Kumpulkan Perusahaan yang Pekerjakan Tenaga Asing Khususnya Asal Tiongkok

Seorang asisten profesor teknik mesin, Chen Li di Johns Hopkins University, Amerika Serikat mengatakan pengaturan robot ular untuk mengatasi hambatan agar tetap stabil di medan yang tak datar.

loading...

"Kami terinspirasi dari gerakan-gerakan ular yang begitu mahir dan stabil melewati setiap hambatan. Semoga robot kami bisa belajar cara meliuk-liuk seperti ular," katanya, dikutip Pikiran-Rakyat.com dari The Guardian.

Dalam percobaan sebelumnya, peneliti mengamati pergerakan ular di permukaan yang datar dan belum dilakukan di permukaan tiga dimensi (3D) kecuali pohon.

Baca Juga: Viral Video Polisi Berjaket Ojek Online Adu Mulut dengan Pengendara 'Moge', Diduga akibat Pemotor yang Arogan Tak Mau Dihentikan

Para peneliti mempelajari bagaimana ular yang ditemukan di padang pasir, pohon pinus bisa menaiki tangga.

Halaman:

Editor: Agil Hari Santoso

Sumber: The Guardian

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X