Jumat, 28 Februari 2020

Ilmuwan Luncurkan Misi Pencarian untuk Temukan Bukti Kehidupan Alien

- 15 Februari 2020, 12:17 WIB
Ilustrasi kehidupan di luar Bumi.* /Pixabay

PIKIRAN RAKYAT - Para ilmuwan telah meluncurkan pencarian besar untuk menemukan bukti kehidupan alien di luar angkasa.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Independent, para peneliti dari SETI Institute, Amerika Serikat mengabdikan diri untuk mencari kehidupan alien, mencari 'tanda-tanda teknologi', atau mengisyaratkan data yang menunjukkan bahwa ada kehidupan yang berasal dari luar planet Bumi.

Ilmuwan juga mengatakan hasil pencarian tersebut akan tersedia untuk umum dan berharap ilmuwan lainnya dapat menemukan bukti kehidupan di luar Bumi.

Baca Juga: Akui Depresi yang Dideritanya Sudah Sangat Parah, Lucinta Luna: Takut Batin Saya Makin Terguncang

Makhluk asing atau alien tersebut bisa berwujud apa saja seperti mengendus isyarat bahan kimia di luar Bumi hingga indikasi adanya struktur atau laser di planet lain.

"Menentukan apakah kita sendirian di alam semesta dengan kemampuan teknologi yang tinggi adalah salah satu pertanyaan yang paling menarik dalam dunia sains," kata Dr Tony Beasley , direktur teleskop National Radio Astronomy Observatory (NRAO).

Ilmuwan SETI Institute tersebut berencana mengembangkan sistem yang akan 'dibonceng' pada teleskop Very Large Array (VLA) yang berlokasi di Meksiko. Sistem pada teleskop tersebut akan memberikan data ke sistem pencarian mereka.

Baca Juga: Terpeleset, 2 Anak Terbawa Arus Sungai di Jalan Caringin Bandung, Tim SAR Disulitkan Gorong-gorong Terhalang Bangunan

"Ketika VLA melakukan pengamatan ilmiah, sistem baru ini akan berguna sebagai tambahan dan penting digunakan sebagai pengumpulan data," kata Dr Beasley.

Halaman:

Editor: Mitha Paradilla Rayadi

Sumber: Independent

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X