Minggu, 31 Mei 2020

Perdana Menteri Inggris Temui Dewan Kemanan Nasional untuk Memutuskan Penggunaan 5G Huawei

- 28 Januari 2020, 20:44 WIB
INGGRIS tetap bersikeras gunakan teknologi Huawei di tengah desakan AS untuk memblokir perusahaan asal Tiongkok tersebut. /DOK. HUAWEI

PIKIRAN RAKYAT - Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson diperkirakan akan membuat keputusan untuk membiarkan Huawei berperan dalam pembangunan jaringan 5G di Inggris di tengah kekhawatiran Amerika Serikat.

Johnson akan memimpin pertemuan dengan Dewan Keamanan Nasional pada Selasa 28 Januari 2020 waktu setempat. Ia akan mempertimbangkan pemberian izin 5G terhadap raksasa teknologi asal Tiongkok tersebut.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari ITV News, keputusan soal kerja sama dengan Huawei ini akan dikeluarkan pada akhir minggu ini.

Baca Juga: Protes Perumahan Baru Dijadikan Tempat Karantina Virus Corona, Warga Hongkong Lempari Bangunan dengan Bom Api

Implementasi 5G Huawei diharapkan membawa kecepatan pengunduhan 10 kali lebih cepat daripada jaringan 4G saat ini.

Kritikus berpendapat bahwa menggunakan perangkat Huawei untuk membangun jaringan 5G mungkin lebih murah daripada opsi lain dan berisiko menyerahkan kendali infrastruktur tersebut ke Beijing.

Keputusan tersebut tentu akan menyebabkan ketegangan, pasalnya Gedung Putih sudah memperingatkan Inggris untuk tidak mengadopsi Huawei karena kekhawatiran keamanan.

Mantan pejabat Inggris, Sir Iain Duncan Smith mengatakan "benar-benar aneh" setelah Huawei diberi pertimbangan untuk membangun 5G di Inggris.

Baca Juga: KBRI Minta Bantuan Masker, BNPB Kirim 10 Ribu Lembar Masker N95 untuk WNI di Tiongkok

Halaman:

Editor: Andika Thaselia Prahastiwi

Sumber: ITV News


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X