Rabu, 19 Februari 2020

Revolusi Industri 4.0 Lahirkan Beragam Jenis Pekerjaan Baru, Selamat Melamar!

- 19 Januari 2020, 16:03 WIB
ILUSTRASI. Ribuan pencari kerja mengantre di sebuah stan perusahaan, di Lapangan Prawatasari, Cianjur, beberapa waktu lalu.* /SHOFIRA HANAN/PR

PIKIRAN RAKYAT - Datangnya era Revolusi Industri 4.0 akan melahirkan beragam bentuk lapangan pekerjaan baru berbasis teknologi.

Kendati demikian, secara simultan, jenis pekerjaan baru tersebut juga menuntut manusia untuk meningkatkan kemampuan dan keahlian yang relevan dengan kebutuhan dunia usaha dan industri. Lembaga pendidikan formal mulai dari jenjang atas dan tinggi pun dituntut untuk melakukan perubahan.

Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (Menristek/KaBRIN) Bambang Brodjonegoro menegaskan, untuk mempersiapkan sumber daya manusia berdaya saing global, metode pembelajaran harus difokuskan pada bidang STEAM (science, technology, engineering, arts and mathematics).

Baca Juga: Resmikan Hotel, Presiden dan Ibu Negara Bertolak ke Labuan Bajo

Pasalnya, jenis-jenis pekerjaan baru di masa depan berkorelasi erat dengan keilmuan tersebut. Lapangan pekerjaan baru berbasis teknologi komunikasi dan informatika diprediksi akan semakin menjamur.

“Para siswa sekolah menengah saat ini akan menghadapi lapangan pekerjaan yang berbeda dengan situasi saat ini, sehingga metode pembelajaran STEAM diharapkan dapat mempersiapkan para siswa sebagai SDM Unggul untuk lapangan pekerjaan yang di masa depan yang sudah terlihat sejak sekarang. Siswa-siswi SMP dan SMA hari ini ketika mereka masuk ke universitas atau nanti ke pasar kerja, benar-benar akan berhadapan dengan kondisi yang benar-benar berbeda dengan yang kita hadapi hari ini,” kata Bambang di Jakarta, Jumat 17 Januari 2020.

Ia menjelaskan, dampak dari Revolusi Industri 4.0 semakin nyata dan telah membuka kesempatan bagi pelaku usaha untuk membuka jenis pekerjaan baru. Oleh karena itu, para siswa dan siswi harus dibiasakan menimba ilmu yang sesuai untuk bisa mengantisipasi kondisi tersebut.

Baca Juga: Politisi NasDem Ingatkan Jangan Ada Kucing-kucingan dalam Pembahasan RUU Omnibus Law

Ia mengatakan, akan ada banyak pekerjaan yang hilang saat para siswa nanti bekerja, namun ada juga pekerjaan baru yang muncul. Di antaranya adalah pilot atau pengendali drone dari jarak jauh di atas tanah.

Halaman:

Editor: Gugum Rachmat Gumilar

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X