Rabu, 26 Februari 2020

Jika Mega Badai Matahari Terjadi, Amazon Bakal Pasok Kecerdasan Buatan untuk NASA

- 18 Januari 2020, 10:06 WIB
AMAZON Web Services mengklaim dapat mencegah kiamat apabila terjadi badai matahari suatu saat nanti. /PIXABAY

PIKIRAN RAKYAT - Amazon Web Services mengklaim dapat mencegah kiamat apabila terjadi badai matahari suatu saat nanti.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Geek Wire, adanya proyek kerja sama antara NASA dengan AWS Professional Services dan Amazon Machine Learning Solution Lab untuk mempelajari lebih lanjut mengenai tanda-tanda peringatan dini terjadinya badai matahari dengan bantuan kecerdasan bauatan (artificial intelligence).

Badai matahari terjadi saat adanya gangguan permukaan matahari yang menyebabkan ledakan radiasi dan letusan partikel bermuatan listrik dengan kecepatan jutaan mil per jam.

Baca Juga: Carifilms, IMDB-nya Pencinta Film Asal Indonesia

Ledakan radiasi tersebut dapat mempengaruhi komunikasi di separuh dunia. Jika ledakan itu terjadi dengan cukup kuat (lontoran massa korona/ CME) di Bumi maka dapat merusak satelit dan mematikan jaringan listrik.

Contoh yang paling terkenal ketika terjadi pada tahun 1989 ketika CME berenergi tinggi membebani jaringan listrik Hydro-Quebece dan memicu pemadaman listrik dengan dampak kepada lebih dari 6 juta orang di Kanada dan Amerika Serika bagian timur.

Selain itu, ada lagi dampak paling buruk dari badai matahari, yakni terjadi pada tahun 1859 yang dikenal dengan peristiwa Carrington.

Peristiwa Carrington menimbulkan kekacauan sistem telegraf dan menciptakan tampilan aurora yang sangat terang sehingga orang-orang AS timur laut bisa membaca koran saat malam hari.

Baca Juga: Bali Kalahkan Yunani, Indonesia Negara Destinasi Wisata Favorit Luxemburg

Halaman:

Editor: Andika Thaselia Prahastiwi

Sumber: Geek Wire

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X