Indonesia Berambisi Jadi Pusat Kendaraan Listrik ASEAN

- 21 Desember 2019, 14:17 WIB
INDONESIA menargetkan pada tahun 2030 bisa menjadi pusat kendraan listrik di Kawasan ASEAN. /

PIKIRAN RAKYAT – Pemerintah telah memberikan dukungan terhadap transportasi kendaraan ramah lingkungan berbasis listrik dalam bentuk Peraturan Presiden (Perpres).

Dikutip dari Galamedia oleh Pikiran-Rakyat.com Sabtu, 12 Desember 2019 Perpres nomor 55 tahun 2019 tentang percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai mengamanatkan pula penggunaan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

Adapun pemberlakuan TKDN pada kendaraan listrik berbasis baterai adalah untuk meningkatkan nilai tambah industri dalam negeri.

Baca Juga: Apple Tawarkan 1 Juta USD Bagi yang Dapat Meretas Keamanan Produknya

Atas dasar itu, pemerintah melalui Kementerian Perindustrian mengajak industri komponen dan pendukung otomotif agar turut untuk mempersiapkan diri memasuki era reformasi kendaraan listrik maupun teknologi ramah lingkungan lainnya.

Dikutip dari situs resmi Kementerian Perindutrian adapun persiapan tersebut melalui peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan manajemen industri serta peningkatan penguasaan teknologi melalui aktivitas research and Development (R&D) dan desain.

loading...

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang mengatakan dengan telah dibuatnya regulasi Perpres tersebut, percepatan program kendaraan ramah lingkungan dapat diatur secara rinci.

“Dengan adanya regulasi tersebut, percepatan program diatur secara rinci mulai dari litbang TKDN, sampai dengan insentif yang diberikan,” ujarnya.

Baca Juga: 267 Juta Identitas dan Nomor Telepon di Facebook Bocor

Agus mengungkapkan tahun 2030 mendatang, Indonesia menargetkan menjadi pusat kendaraan listrik di kawasan ASEAN. Untuk mencapai hal tersebut, pihaknya mengajak para produsen otomotif agar membuka kegiatan produksinya didalam negeri.

Halaman:

Editor: Alza Ahdira

Sumber: Galamedia


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X