Selasa, 25 Februari 2020

Kementerian PUPR Kembangkan Teknologi Atas Bertenaga Panel Surya

- 11 Desember 2019, 20:51 WIB
Kementerian PUPR Kembangkan Teknologi Atas Bertenaga Panel Surya /Pixabay

PIKIRAN RAKYAT- Badan penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sedang mengembangkan teknologi masa depan yaitu teknologi PVROOF.

PVROOF dilansir dari sebuah postingan akun @balitbangpupr merupakan teknologi atap dimana atap selain berfungsi sebagai pelindung rumah juga berfungsi ganda sebagai penghasil tenaga listrik melalui penggunaan sel surya.

Menurut akun tersebut, teknologi terbaru ini telah diterapkan di Kampus Kementerian PUPR, tepatnya di gedung parkiran motor, serta pada bangunan rumah dan parkir komunal di laboratorium kawasan dan hunian rendah energi Puskim PUPR.

Baca Juga: Tahun 2020, Whatsapp akan Hentikan Layananannya di Sejumlah Ponsel Android, Iphone, dan Windows

PV (fotovoltaik) itu sendiri merupakan metode pembangkit tenaga listrik dengan mengubah radiasi matahari menjadi listrik dengan arus yang searah (DC).

Alat ini terdiri dari sejumlah sel surya / solar cell yang mengandung bahan bahan yang bisa menyerap energi dari matahari.

Hasil dari energi dari PV ini akan diubah menjadi arus searah (DC) yang kemudian bisa digunakan untuk menghidupkan peralatan listrik.

Dilansir dari situs litbang.pu.go.id, Ide penggunaan PVROOF adalah berdasarkan Rencana Umum Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) tahun 2010-2019, didalamnya disebutkan bahwa kebutuhan akan tenaga listrik akan mencapai sekitar 55.000 MW.

Baca Juga: Pengguna Meningkat, Facebook Dukung Pebisnis UMKM Indonesia dengan Program Laju Digital

Namun dari total 55.000 MW yang tersedia, hanya akan ada 32.000 MW atau sekitar 57% dari total kebutuhan tersebut yang akan dibangun oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Halaman:

Editor: Alza Ahdira

Sumber: Instagram BALITBANG KEMDIKBUD

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X