Senin, 27 Januari 2020

Antisipasi Lonjakan Trafik Saat Natal dan Tahun Baru, Ini yang Dilakukan Operator Seluler

- 2 Desember 2019, 14:09 WIB
ILUSTRASI Smartphone/Telekomunikasi.* /DOK. CANVA

BANDUNG, (PR).- Tiga pekan menjelang libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, operator seluler sudah bersiap mengantisipasi lonjakan trafik telekomunikasi, khususnya untuk layanan data. Peningkatan trafik tertinggi dipastikan akan terjadi menjelang pergantian tahun.

Director Sales Telkomsel, Ririn Widaryani, mengatakan, pihaknya sudah sejak jauh hari memastikan stabilitas jaringan untuk menghadapi libur Natal dan Tahun Baru. Apalagi, periode tersebut juga bersamaan dengan libur anak sekolah.

“Kami sudah melakukan uji coba dan optimalisasi jaringan di tengah lonjakan trafik layanan yang umumnya terjadi pada periode Natal dan Tahun Baru," ujarnya, melalui siaran pers yang diterima "PR", Senin 2 Desember 2019.

Baca Juga: Ini Dia Solusi Kebelet Kencing Saat Kemacetan

Dengan begitu, ia mengaku berharap, pada saatnya nanti pelanggan dapat berkomunikasi dengan lancar, baik menggunakan data maupun layanan konvensional. Begitu juga dengan layanan digital lainnya.

Telkomsel, menurut dia, melakukan optimalisasi jaringan di 533 titik. Pihaknya juga menyediakan 82 unit compact mobile base station (Combat) atau BTS mobile untuk titik-titik dengan trafik komunikasi terpadat.

Secara keseluruhan, menurut dia, Telkomsel memiliki lebih dari 209.000 unit BTS di seluruh Indonesia, termasuk di wilayah 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar) dan kawasan perbatasan. Dari jumlah tersebut, lebih dari 77.000 di antaranya merupakan BTS 4G.

Baca Juga: SEA Games 2019, Patah Jari Kelingking Tak Surutkan Semangat Tiara Rebut Medali

"Untuk memastikan kelancaran dan kenyamanan pelanggan selama musim liburan tersebut, terhitung sejak 20 Desember hingga 5 Januari, Telkomsel telah menyiagakan 324 Mobile GraPARI (MoGI) dan 3.716 outlet Siaga yang menyediakan kartu perdana, layanan isi ulang pulsa, serta aktivasi layanan digital lainnya," ujarnya.

Halaman:

Editor: Ari Nursanti

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X