Selasa, 21 Januari 2020

RUU Perlindungan Data Pribadi Segera Diserahkan ke DPR

- 1 Desember 2019, 20:30 WIB
Smartphone/CANVA /null

 PARIS, (PR).- Rancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi (PDP) akan segera diserahkan ke DPR paling lambat Desember 2019. Diharapkan RUU tersebut segera dapat dibahas pada tahun 2020 mendatang.

Demikian disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate di sela-sela Internet Governance Forum (IGF) 25-29 November lalu di Berlin melalui keterangan persnya, Minggu 1 Desember 2019.

Johnny mengatakan RUU PDP penting untuk dapat segera disahkan, karena berkaitan dengan hak individu dan kedaulatan negara.

Apalagi UU tersebut telah lama dipersiapkan dan pasal-pasal krusial juga telah banyak mendapatkan pembahasan dan revisi  serta harmonisasi dari 18 kementerian dan lembaga lainnya dan sama-sama sudah dimengerti.

Baca Juga: Perlu Ada Regulasi untuk Perlindungan Data Pribadi

“Naskah sudah hampir siap untuk diajukan melalui amanat Presiden ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR),"ujarnya.

Selain itu ia menjelaskan penyusunan RUU PDP menggunakan acuan global termasuk di dalamnya konvensi general data protection and regulation (GDPR) Uni Eropa.

Dalam konvensi tersebut, perlindungan data tidak hanya sebatas perlindungan individu namun juga kedaulatan data sebuah negara.

Lebih lanjut, Johnny mengatakan pemerintah Prancis telah menawarkan kerja sama pembiayaan untuk peningkatan penyiaran digital TVRI dalam skema pembiayaan pemerintah dengan pemerintah (Government to Government).

Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X