Minggu, 26 Januari 2020

Google Tambah Sejumlah Fitur, Termasuk Keamanan bagi Pengguna Maps

- 21 November 2019, 03:01 WIB
KEPALA Hubungan Pemerintah dan Kebijakan Publik Google Indonesia, Putri Alam, saat menjelaskan teknologi keamanan berinternet, pada acara Google for Indonesia yang keempat, di Jakarta, Rabu, 20 November 2019.*/DOK.GOOGLE

JAKARTA, (PR).- Google kembali menekankan pentingya penggunaan alat-alat dan pengaturan privasi yang diperlukan untuk menjaga keamanan di internet. Google memperkenalkan fitur Stay Safer di Google Maps.

Fitur baru itu akan memberi notifikasi berupa “peringatan saat menyimpang”, yaitu ketika driver yang mengantar mereka menyimpang dari rute yang disarankan lebih dari 0.5 km. Ini juga akan memungkinkan  penumpang membagikan lokasi real-time mereka kepada teman dan keluarga hanya dengan beberapa ketukan.

“Kami ingin menunjukkan kepada setiap orang Indonesia cara menggunakan alat-alat kami sekaligus  memberikan tips umum tentang cara menjaga keamanan di internet,” tutur Kepala Hubungan Pemerintah dan Kebijakan Publik Google Indonesia, Putri Alam, pada acara Google for Indonesia yang keempat, di Jakarta, Rabu, 20 November 2019.

Putri juga memberikan info terbaru tentang Google News Initiative Training Network dan kemitraan  Google dengan Mafindo, Internews, dan Aliansi Jurnalis Independen. Di samping membantu orang Indonesia belajar cara menjaga keamanan dan mencari informasi di internet, Google juga ingin berinvestasi dalam keamanan konten yang akan berinteraksi dengan mereka.

“Kemitraan dengan jurnalis sangat penting dalam upaya kami, dan kami bangga bahwa, sejak tahun 2018, GNI Indonesia Training Network telah melatih 7.290 jurnalis, dari 579 organisasi berita di 51 kota,” ujarnya.

Layanan baru di Google

Dalam laman telusur atau Google Search, pengguna dapat memilih momen penting dalam video tertentu. Dalam sebuah pencarian lagu, akan muncul bar berisi intro, chord, chorus, dan bagian musik lainnya. Dengan pilihan itu, pengguna dapat langsung menuju bagian lagu yang diinginkan.

Dalam menu telusur itu, pengguna dapat terhubung langsung dengan aplikasi Gojek. Melalui Google Assistant, orang dengan mudah tersambung dan siap pesan di aplikasi Gojek. Selain itu, terdapat mode status terakhir pesanan Gojek di laman utama telusur Google.

Ia menambahkan, Asisten Google memang didesain untuk membantu, aman, dan mudah diakses bagi setiap orang sepanjang hari. Kontrol yang lebih besar terhadap privasi dengan membuatnya lebih mudah digunakan melalui perintah suara sederhana.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X