Senin, 20 Januari 2020

Gim Digital Efektif Hilangkan Stres

- 26 Agustus 2019, 12:50 WIB
ILUSTRASI game online.*/ DOK. PIKIRAN RAKYAT

LONDON, (PR).- Relaksasi bisa dibilang sudah menjadi kebutuhan di dunia yang berkembang pesat ini. Semakin banyak orang di seluruh dunia datang ke psikiater, mencoba untuk mengurangi stres dan kecemasan mereka.

Banyak aplikasi mindfulness (aplikasi untuk menjernihkan pikiran) untuk membantu mereka mengendalikan pernapasan, berlatih meditasi, dan pada dasarnya menenangkan diri. 

Akan tetapi, seperti dilansir laman AsiaOne, sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris menyimpulkan bahwa gim digital bisa saja menghilangkan stres lebih efektif daripada aplikasi mindfulness.

Penelitian yang dilakukan oleh University College London dan University of Bath menyimpulkan bahwa gim smartphone sepert TetrisPlayerUnknown’s Battlegrounds, dan Pocket City lebih efektif dalam menghilangkan stres setelah melewati hari yang melelahkan di kantor, daripada aplikasi mindfulness yang dirancang hanya untuk membantu kita dalam hal seperti pernafasan atau kegiatan meditasi.

Peneliti dapat menyimpulkannya setelah melakukan serangkaian tes matematika. Ada dua tes yang dilakukan untuk penelitian ini.

Tahap pertama, 45 siswa diminta untuk menyelesaikan tes matematika 15 menit. Setelah itu, mereka diberi gim digital, aplikasi mindfulness dan fidget spinner untuk dimainkan selama 10 menit. 

Para siswa yang memainkan gim digital merasa lebih bersemangat. Sementara, para siswa dalam dua kelompok lainnya dilaporkan merasa lebih lesu.

Untuk tahap kedua penelitian, kelompok yang terdiri dari 20 peserta diminta untuk memainkan gim digital atau menggunakan aplikasi mindfulness setelah pulang dari kerja selama lima hari berturut-turut.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka yang memainkan gim digital terus-menerus selama lima hari, dilaporkan merasa lebih santai. Mereka yang menggunakan aplikasi mindfulness mendapat skor semakin buruk sepanjang minggu untuk peringkat relaksasi.

Halaman:

Editor: Endah Asih

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X