Selasa, 25 Februari 2020

Galaxy M30 Kompetitif untuk Generasi Milenial

- 29 Juli 2019, 10:24 WIB
MODEL memperlihatkan Samsung Galaxy M30.*/ASEP BUDIMAN/PR

BANDUNG, (PR).- Pekan lalu, Samsung Electronics Indonesia secara resmi meluncurkan Samsung Galaxy M30 di Jakarta. Varian ini melengkapi line-up smartphone Galaxy M Series yang secara estafet dirilis, yaitu Galaxy M10 dan Galaxy M20.

Jajaran Galaxy M series ini menegaskan bahwa Samsung menyasar generasi milienial. Mereka adalah target market yang sudah direbut oleh vendor-vendor Tiongkok beberapa tahun belakangan. 

Kaum milenial cenderung memilih telefon pintar di segmen low-end dan mid range dengan kisaran harga Rp 1 juta-Rp 5 juta. Dengan memboyong Samsung Galaxy M30 ke Indonesia, apakah cukup kompetitif merebut pasar anak muda? Oleh karena itu, perlu dibedah fitur dan keunggulannya.

Desain

Dari tampilan, Galaxy M30 memiliki desain yang sama dengan Galaxy M10 dan Galaxy M20. Ponsel ini mengusung layar lebih besar 6,4 inci Super Amoled dengan bezel tipis. Bodi yang terbuat dari glossy plastic dengan lengkungan di sekelilingnya membuat Galaxy M30 nyaman digenggam.

Tombol power dan volume ditempatkan di sisi kanan bodi yang jika ditekan memberikan respons klik yang bagus. Sebelah kiri bodi terdapat ruang penyimpanan 2 nano SIM dan 1 memori micro SD card). Di bagian punggung tersemat pemindai sidik jari serta 3 kamera dan LED flash.

Layar 6,4 inci Super Amoled mendukung resolusi Full HD sehingga nyaman dipandang dari setiap sudut ataupun di ruangan terbuka. Takik (notch) yang di dalamnya kamera depan, berada di sisi tengah atas bodi depan. Namun, jika merasa pandangan terganggu, takik bisa disembunyikan dengan menyetel pada display setting.

Performa dan Tes PUBG

Dapur pacu ditenagai prosesor Octa Core 1.8 GHz dan chipset Exynos 7904. Sementara kapasitas penyimpanan internal sebesar 64 GB dan memori 4 GB RAM. Samsung Galaxy M30 juga sudah mendapat update Android 9.0 (Pie).

Galaxy M30 ditopang prosesor sama dengan M20 yang terbukti menunjukkan performa baik untuk penggunaan harian. Bahkan, pengaktifan beberapa aplikasi (multitasking) tak membuat kinerja Galaxy M30 menjadi lelet. Dibekali jack audio 3,5 mm dan speaker empuk dari teknologi Dolby Atmos yang bisa dinikmati jika memakai headset. 

Dalam pengetesan bermain gim, performa cukup mumpuni lantaran ditopang prosesor  dan chipset baik serta memori RAM 4 GB. Gim mobile berat yang tengah digandrungi milenial, seperti PUBG berjalan normal dengan penyetelan medium setting, yaitu grafis diset smooth dan frame rate di medium.

Halaman:

Editor: Siska Nirmala

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X