Noob Ejekan untuk Pemain Gim yang Payah

- 13 Juli 2019, 22:41 WIB
PENGGEMAR game makin dimanjakan dengan berbagai permainan.*/ANTARA

JAKARTA, (PR).- Dalam gim, istilah "noob" merupakan plesetan dari newb yang merupakan singkatan dari newbie atau orang baru yang belum berpengalaman. Namun, seiring berjalannya waktu, istilah "noob" meluas untuk mengejek teman main gim yang bermain payah.

Sebaliknya, istilah "pro," yang merupakan singkatan dari profesional, ditujukan kepada gamers yang jago dalam bermain gim.

Dengan jumlah penduduk 265 juta jiwa, menurut sensus 2018, Indonesia memiliki potensi pasar yang besar dalam berbagai sektor industri, tak terkecuali industri gim.

Berdasarkan data dari Statista tahun 2018, industri gim Indonesia menempati peringkat 17, dengan pendapatan 1,08 miliar dolar AS tertinggi di antara negara-negara Asia Tenggara, serta hanya satu tingkat di bawah India.

Angka tersebut juga naik dari tahun sebelumnya, yakni 882 juta dolar AS, dengan pertumbuhan 20 hingga 25 persen dari tahun ke tahun.

loading...

Namun, data dari Asosiasi Game Indonesia (AGI) menunjukkan bahwa pangsa pasar untuk kreator game dalam negeri hanya kurang dari satu persen dari total pendapatan tersebut.

"Potensi pendapatan gim di Indonesia sangat besar, tetapi hanya delapan persen yang masuk ke perusahaan Indonesia, yaitu 0,4 persen, untuk gim karya developer Indoneisa, sementara sisanya, 7,6 persen ke publisher Indonesia yang mempublikasikan gim karya developer asing," ujar Arief Widhiyasa, CEO perusahaan pengembang gim asal Bandung, Agate.

Geliat industri gim di Tanah Air, harusnya dapat dimanfaatkan oleh para "pemain" lokal dalam industri. Tidak menjadi "noob," namun layaknya "pro," mampu menaklukkan pasar dalam negeri, bahkan menguasai pasar global.

Tantangan industri

Arief menyebut investasi menjadi faktor utama yang dapat mendorong industri gim di Indonesia. Dia mengatakan investasi yang dilakukan di Indonesia per tahunnya masih sangat kecil, sekitar Rp30 miliar.

Halaman:

Editor: anef


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X