Selasa, 25 Februari 2020

Trik di Balik Larisnya Smartphone Tiongkok di Indonesia

- 21 Maret 2019, 13:59 WIB
SMARTPHONE Tiongkok/THE VERGE

SEDERET smartphone Tiongkok yang beredar di Indonesia tidak sekadar mengandalkan harga murah. Smartphone Tiongkok cukup digemari konsumen Indonesia. International Data Corporation (IDC) Indonesia melaporkan bahwa Vivo, Oppo, dan Xiaomi mengambil 56 persen market share Indonesia pada kuartal III tahun 2018.

Dominasi produk-produk smartphone Tiongkok tidak hanya terjadi dalam beberapa bulan belakangan. Menilik laporan Statista, smartphone Tiongkok sudah menguasai sebagian besar pasar Indonesia sejak 2017.

Apa yang membuat ponsel buatan Vivo dkk. berbicara banyak di Indonesia? Sebagian orang menganggap smartphone Tiongkok laris manis di pasaran karena harganya murah. Namun, ada juga faktor lain yang mempengaruhi larisnya smartphone Tiongkok.

Dari hasil pengamatan, ada empat resep sukses yang diterapkan produsen smartphone asal Tiongkok agar produk mereka laku di Indonesia.

Memproduksi lebih banyak model

Hasil riset terbaru iPrice menunjukkan bahwa produsen smartphone Tiongkok sangat produktif merilis model dalam 5 tahun belakangan. Ada 413 model smartphone yang sudah dirilis Vivo, Lenovo, Oppo, Xiaomi, dan Huawei dalam periode 2014-2018. Tahun 2018 lalu, 31 model dari Vivo menjadi yang terbanyak jumlahnya di antara merek lain.

Jumlah itu mengungguli Samsung yang pada tahun-tahun sebelumnya selalu paling banyak merilis model smartphone. Hanya ada 24 model baru dari Samsung sepanjang 2018, termasuk Samsung Galaxy S9 dan S9+.

Strategi produksi model smartphone itu sejatinya bukan hal baru. Dulu, Nokia juga merilis banyak ponsel untuk menstimulasi penjualan. Dengan semakin banyak jumlah model yang disediakan, terbuka peluang untuk menyasar lebih banyak konsumen.

Membuat kampanye penjualan eksklusif di platform e-commerce

Tim pemasaran smartphone Tiongkok sadar bila kini begitu banyak orang beraktivitas dalam dunia digital, termasuk belanja kebutuhan pribadi di sejumlah platform e-commerce.

Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X