Kamis, 12 Desember 2019

2019, Tahun Berat bagi Sejumlah Merek Smartphone

- 3 Januari 2019, 19:27 WIB
Smartphone 2019.*/ANDROIDPIT

TAHUN ini akan menjadi masa yang ­penting bagi banyak produsen ponsel ­pintar. Pangsa pasar telefon cerdas telah banyak ber­ubah dalam beberapa tahun terakhir.

Secara global, Samsung masih memuncaki pasar smartphone. Huawei kini menempati peringkat kedua setelah menggeser Ap­ple yang merosot ke tiga besar. Namun, mereka terancam oleh pendatang baru seperti Xiaomi, Oppo, dan OnePlus.

Berdasarkan laporan Androidpit, tahun 2019 menjadi tahun kunci bagi perebutan pangsa pasar dengan munculnya smartphone lipat dan 5G. Namun, apa yang akan terjadi dengan Sony, LG, Motorola, dan HTC? Apakah perusahaan-perusahaan ini dapat tetap bertahan?

Ketika kita berbicara tentang Sony, kita semua tahu bahwa me­reka memiliki re­putasi sebagai perusahaan yang besar. Merek Je­pang ini berhasil mengukir namanya di dunia teknologi berkat televisi, stereo, dan tentu saja Play Station.

Akan tetapi, berbeda ketika kita berbicara tentang smartphone. Keluarga Xperia sempat populer beberapa tahun lalu, tetapi ­kini meredup terutama di Indonesia.

Sementara itu, model high-end terbaru dari Sony tidak diterima dengan baik. Mereka tidak dapat bersaing dengan Samsung atau Huawei dengan harga yang sama.

Selain itu, strateginya untuk memperkenalkan flagship (ponsel unggulan) setiap enam bulan bukanlah langkah yang terbaik. Hanya penggemar merek Sony yang membeli Xperia terbaru.

Padahal, Sony memproduksi sensor gambar yang sangat baik, termasuk IMX-nya yang terkenal. Bahkan, beberapa smartphone dengan kamera terbaik di pasaran menggunakan sensor dari me­rek Jepang itu seperti Pixel 3, Galaxy S9+, Huawei P20 Pro, dan iPhone. Jadi, me­ngapa perangkat Sony tidak menonjol, terutama di sektor kamera?


Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko

Tags

Komentar

Terkini

X