Awas Perlombaan Senjata di Asia, Korea Selatan Luncurkan Roket Antariksa Pertama Buatan Sendiri

- 21 Oktober 2021, 16:51 WIB
Roket KSLV-II NURI diluncurkan dari landasan peluncuran Naro Space Center di Goheung, Korea Selatan, 21 Oktober 2021.
Roket KSLV-II NURI diluncurkan dari landasan peluncuran Naro Space Center di Goheung, Korea Selatan, 21 Oktober 2021. /Yonhap via Reuters


PIKIRAN RAKYAT - Untuk pertama kalinya, Korea Selatan berhasil meluncurkan roket Nuri buatan sendiri ke luar angkasa pada Kamis, 21 Oktober 2021. Peluncuran roket ini memperkuat kemampuan kedirgantaraan komersial dan militer Seoul.

Korea Selatan juga bergabung dengan sekelompok kecil negara yang mampu mengembangkan dan meluncurkan kendaraan luar angkasa milik sendiri.

Dikutip dari BNN Bloomberg, roket berbahan bakar cair tiga tahap seberat 200 ton itu lepas landas dari Pusat Antariksa Naro di pantai selatan negara itu pada pukul 5 sore waktu setempat.

Baca Juga: Said Aqil Bicara Simbol Santri: Kalau Ada Orang Cium Tangan dengan Habib, Itu NU Jelas

Roket Nuri itu kemudian melepaskan satelit tiruan ke orbit sekitar 700 kilometer (435 mil) di atas Bumi.

Roket ini dikembangkan oleh Korea Aerospace Research Institute seperti Badan Antariksa AS, NASA.

Peluncuran roket Nuri menandai perlombaan senjata dan teknologi di Asia. Korea Selatan baru-baru ini membuat kemajuan baik dalam kemampuan rudal militer dan program sipilnya untuk mengejar ketinggalan dengan program luar angkasa yang lebih maju di China dan Jepang.

Negeri Ginseng itu melihat program roketnya untuk memperkuat daya saing dalam komunikasi 6G generasi berikutnya dan membantu menempatkan lebih banyak perhatian di antariksa.

Baca Juga: Terungkap, Oknum TNI yang Bantu Rachel Vennya Melarikan Diri Dua Orang

Korea Selatan telah menjadwalkan lima peluncuran tambahan mulai tahun 2027. Pada 2030, Korsel berencana mengirim pesawat ruang angkasa tanpa awa ke Bulan yang sudah direncanakan selama lebih dari 10 tahun.

Halaman:

Editor: Julkifli Sinuhaji

Sumber: BNN Bloomberg


Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X