Charger USB-B, USB-C, dan Lightning Bikin Repot, Muncul Rencana Akan Diseragamkan

- 22 September 2021, 11:08 WIB
Ilustrasi charger gawai.
Ilustrasi charger gawai. /Pixabay/Mahesh Patel

PIKIRAN RAKYAT - Bentuk dan jenis charger yang berbeda untuk setiap gawai dan merk kerap merepotkan. Namun, ada potensi semua charger di masa depan akan seragam.  

Komisi Eropa, Kamis 23 September 2021 akan mengajukan proposal kepada badan legislatif untuk menyeragamkan pencatu daya atau charger ponsel, komputer, tablet, dan headphone di wilayah Uni Eropa. Hal itu disampaikan sumber Reuters.

Rencana penyeragaman charger gawai dianggap akan lebih berdampak pada Apple, pabrik pembuat iPhone, daripada para pesaingnya.

Selama lebih dari sedekade, badan eksekutif dan legislatif Uni Eropa telah mendorong penggunaan charger yang seragam karena dianggap lebih baik bagi kelestarian lingkungan dan lebih nyaman bagi pengguna.

Baca Juga: Heboh Isu Agnez Monica Siap Naik Pelaminan dalam Waktu Dekat, Adam Rosyadi: April sih

Baca Juga: Rocky Gerung Nilai Aksi PSI Goreng Anies Baswedan Tak Berguna: Partai Sachetan Itu, Gak Ada Poin

Komisi Eropa ingin agar penjualan charger dipisahkan dari penjualan gawai. Mereka juga mengusulkan port pengisian daya yang selaras.

Apple mengatakan, aturan yang memaksa penggunaan satu jenis charger dapat menghalangi inovasi, menciptakan tumpukan sampah elektronik, dan mengganggu konsumen.

Daya iPhone diisi dengan menggunakan kabel konektor Lightning. Sementara perangkat pesaingnya yang berbasis Android menggunakan konektor USB-C.

Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko

Sumber: Antara


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X