Warganet Harus Tahu! Cara Cerdas Menggunakan Media Sosial

- 21 September 2021, 10:14 WIB
Ilustrasi media digital atau media sosial.
Ilustrasi media digital atau media sosial. /Geralt/Pixabay.com

PIKIRAN RAKYAT - Sering pakai media digital untuk hampir semua bidang kehidupan? Selain pandemi mendorong kehidupan Anda kian cakap digital, ada hal yang perlu diwaspadai juga saat Anda harus bertukar informasi di dunia digital

Digitalisasi memang kian memudahkan segalanya. Apapun bisa dilakukan dan terkoneksi satu dengan yang lainnya di manapun Anda berada. Namun, ada sisi yang wajib dipahami juga oleh warganet.

Kemudahan akses ini jangan sampai buat, Anda lali menyebarkan informasi tanpa fakta yang benar atau melakukan bullying melalui jari-jari Anda tanpa Anda sadari. Atau bahkan bisa jadi kelalaian Anda dalam bermedia sosial malah membocorkan data pribadi Anda. 

Nah, oleh sebab itu, warganet yang pastinya sebagian besar bermain media sosial, pahami dulu bagaimana memanfaatkan teknologi ini dengan baik, tanpa merugikan orang lain ataupun diri kita sendiri. 

Baca Juga: Tantang Deddy Corbuzier yang Sering 'Menyenggolnya', Jerinx Singgung Soal Honor: Lo Gak Berani Bayar?

Terutama bagi mereka yang masih usia sekolah dan remaja, pandai-pandailah dalam memilah informasi dan menyebarkan informasi, cerdas dalam memilih akun yang diikuti. Jangan sampai media sosial mengganggu kesehtaan mentalmu dan buat merugi. Bukan orang lain, tapi diri kita sendiri yang bakal merasakan kerugiannya.

Berikut sejumlah tips dan kiat yang berhasil dirangkum Pikiran-rakyat.com dari berbagai sumber agar warganet cerdas berselancar saat menggunakan media sosial

  1. Jaga etika prilaku berbahasa dan berkomunikasi

Walaupun Anda sedang berada di dunia maya. Pasalnya undang-undang mengawasi dan jejak digital tidak akan hilang. Oleh sebab itu tetaplah menjaga kesantunan dalam memberikan komentar. Jangan sampai menyinggung, menyakiti atau membully orang lain. 

  1. Tahan emosi

Sebelum nekat memberikan komentar atau mengunggah curahan hati alias curhat. Ada baiknya tahan emosi dan jangan meluapkan emosi di media sosial, atau Anda bisa merugi sebab dapat mempermalukan diri sendiri dan/atau merugikan orang lain.

Halaman:

Editor: Ari Nursanti


Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X