Ada Bukti, NASA Sebut Planet Mars Punya Ribuan Gunung Berapi Purba

- 19 September 2021, 12:29 WIB
Planet Mars.
Planet Mars. /Dok. NASA


PIKIRAN RAKYAT - Ilmuwan dari Badan Antariksa AS (NASA) telah menemukan bukti bahwa ribuan gunung berapi purba besar meletus di planet Mars.

NASA menyebut 'erupsi super' pernah terjadi di wilayah Mars utara yang disebut Arabia Terra selama periode 500 juta tahun sejak sekitar 4 miliar tahun lalu.

"Bukti telah ditemukan bahwa wilayah Mars utara telah mengalami ribuan "erupsi super", meledakkan setara dengan 400 juta kolam renang batu & gas cair berukuran Olimpiade, selama 500 juta tahun," kata NASA di akun Twitter-nya.

Ilmuwan yang mempelajari topografi dan komposisi mineral di wilayah Mars tersebut membuat penemuan tersebut. Penemuan mereka diterbitkan dalam sebuah makalah di jurnal Geophysical Research Letters pada Juli 2021.

Baca Juga: Sosok Jenderal Bintang 2 Irjen Napoleon Bonaparte, Terduga Penganiaya Muhammad Kece

Gambar ini menunjukkan beberapa kawah di Arabia Terra yang dipenuhi dengan batuan berlapis,
Gambar ini menunjukkan beberapa kawah di Arabia Terra yang dipenuhi dengan batuan berlapis,

"Setiap letusan ini akan memiliki dampak iklim yang signifikan -mungkin gas yang dilepaskan membuat atmosfer lebih tebal atau menghalangi matahari dan membuat atmosfer lebih dingin," kata Patrick Whelley, ahli geologi di Pusat Penerbangan Antariksa Goddard NASA yang memimpin analisis Arabia Terra, dikutip dari Fox News, Minggu, 19 September 2021.

"Pemodel iklim Mars akan memiliki beberapa pekerjaan yang harus dilakukan untuk mencoba memahami dampak gunung berapi," katanya.

Baca Juga: Semuanya Kembali ke Sel, Polisi Israel Tangkap Lagi 2 Tahanan Palestina yang Kabur dari Penjara

Halaman:

Editor: Julkifli Sinuhaji

Sumber: Fox News, NASA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X