9 Fitur PeduliLindungi, Pahami Agar Tak Kikuk Saat Akses Ruang Publik

- 4 September 2021, 16:23 WIB
Ilustrasi anak memakai masker.
Ilustrasi anak memakai masker. /Pixabay/drfuenteshernandez

PIKIRAN RAKYAT - Seiring penurunan kasus Covid-19 di beberapa daerah, pemerintah mulai menurunkan level PPKM 9Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat.

Di Jakarta, contohnya, tingkat PPKM turun dari 4 ke 3. Aktivitas masyarakat di luar rumah pun berangsur pulih. Sejumlah tempat publik diizinkan beroperasi lebih panjang sambil menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Penggunaan aplikasi PeduliLindungi pun semakin luas, tidak hanya untuk melihat sertifikat vaksin Covid-19, tetapi untuk menunjang mobilitas selama di luar rumah.

Penggunaan aplikasi itu akan semakin terasa September 2021 karena pemerintah mengeluarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 38 Tahun 2021. Mulai 7 September 2021, ada sejumlah kegiatan yang harus menggunakan PeduliLindungi.

Baca Juga: Fakta-fakta Kebocoran Sertifikat Vaksin Jokowi, Tak Bocor dari PeduliLindungi

Beberapa fitur di aplikasi PeduliLindungi dapat digunakan untuk menujang aktivitas di luar rumah. Tujuannya untuk penelusuran kontak, pengguna harus menyalakan lokasi atau GPS selama mengakses aplikasi.

Aplikasi PeduliLindungi memiliki tiga tab utama yaitu Home, Statisik, dan Akun. Tab itu berisi serangkaian fitur. Berikut ini manfaat fitur yang ada aplikasi PeduliLindungi.

1. Pindai kode QR

Sejak beberapa waktu lalu, PeduliLindungi dilengkapi fitur pemindai QR code. Fitur itu dibutuhkan ketika bepergian ke tempat umum. Pengguna akan diminta memindai QR code yang disediakan di pintu masuk.

Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko

Sumber: Antara


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X