NASA Rilis Rekaman Video Mars yang Diambil Robot Perseverance, Planet Merah Terlihat Jelas

- 23 Februari 2021, 11:24 WIB
Foto diam beresolusi tinggi ini adalah bagian dari video yang diambil oleh beberapa kamera saat penjelajah Perseverance NASA mendarat di Mars pada 18 Februari 2021. /Dok.NASA


PIKIRAN RAKYAT - Badan antariksa AS, NASA pada Senin, 22 Februari 2021 merilis audio pertama dari Mars, rekaman video hembusan angin samar yang ditangkap oleh robot Perseverance.

Rekaman itu direkam pada Kamis, 19 Februari melalui serangkaian kamera yang dipasang pada sudut berbeda dari pesawat ruang angkasa yang membawa Perseverance setelah mendarat di cekungan luas Kawah Jezero.

Thomas Zurbuchen selaku administrator asosiasi NASA untuk sains, menyebut rekaman sebagai 'jejak terdekat yang bisa didapatkan saat mendarat di Mars'.

Baca Juga: Atletico Madrid vs Chelsea di Liga Champions, Thomas Tuchel Tahu 3 Strategi Andalan Lawan

Baca Juga: Rugikan Negara hingga Rp23,7 Triliun, Terpidana Kasus Korupsi Asabri Terancam Penjara Seumur Hidup

Rekaman video dan audio itu diputar kepada wartawan yang menyimak siaran berita webcast dari Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA di dekat Los Angeles.

"Apa yang Anda dengar di sana 10 detik adalah hembusan angin yang sebenarnya di permukaan Mars yang ditangkap oleh mikrofon dan dikirim kembali kepada kami di Bumi," kata Dave Gruel, insinyur utama untuk sistem kamera dan mikrofon di Perseverance, seperti dikutip dari AFP.

Rekaman video definisi tinggi, berdurasi tiga menit dan 25 detik, menunjukkan penyebaran parasut merah-putih dengan kanopi selebar 70,5 kaki (lebar 21,5 meter).

Video itu juga menunjukkan perisai panas jatuh setelah melindungi Perseverance selama masuk ke atmosfer Mars dan robot penjelajah di awan debu Kawah Jezero.

Halaman:

Editor: Julkifli Sinuhaji

Sumber: NASA, AFP


Tags

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X