Mengenal Silky Home, Mode Satu Tangan di Android untuk Smartphone Layar Besar

- 22 Februari 2021, 10:09 WIB
Ilustrasi HP Android. /Pexels

PIKIRAN RAKYAT – Silky home merupakan mode yang memungkinkan penggunaan satu tangan pada layar besar smartphone. Konten akan dipindahkan ke bagian bawah, sehingga memudahkan pengoperasian ponsel layar besar.

Sejak dirilisnya pratinjau pengembang Android 12 pada pekan lalu, Android dikabarkan akan membawa antarmuka atau User Interface (UI) menggunakan mode silky home.

Penggunaan mode silky home menjadi pertanda bahwa sistem operasi tersebut akan melayani layar Android berukuran lebih besar yang menjadi pertanda kehadiran Pixel 6 XL tahun ini.

Mode ini kabarnya tersembunyi di pengaturan UI. Elemen tersebut ditempatkan di dekat bagian bawah guna mengaktifkan tanda fitur silky home.

Baca Juga: Ketahanan Pangan Indonesia di Bawah Zimbabwe, Hidayat Nur Wahid Desak Pemerintah Susun RUU Bank Makanan

Baca Juga: Perhatian Pengguna WhatsApp: Jika Tak Setuju Kebijakan Privasi Sebelum 15 Mei, Maka Tak Dapat Kirim Pesan

Dilansir Pikiran-Rakyat.com (PR) dari Antara, pratinjau pengembang Android 12 membawa UI tersembunyi yang mirip dengan One UI milik Samsung. 

Bagi yang tidak terbiasa dengan One UI, perangkat lunak tersebut dirancang guna menghadirkan elemen antarmuka seperti tombol, matikan, kotak centang, ikon, penggeser, bilah dan posisinya lebih dekat ke bagian bawah layar.

Dengan cara ini pengguna tidak perlu bersusah-payah menggerakkan jari untuk mengetuk salah satu elemen yang terdapat pada bagian atas layar.

Update fitur tersebut bisa saja digunakan pada ponsel Android lainnya yang memiliki layar raksasa.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X