Cara Menggunakan Signal, Aplikasi Pesan yang Banyak Diunduh Usai Adanya Kebijakan Baru WhatsApp

- 19 Januari 2021, 13:07 WIB
Aplikasi Signal /Dok. Signal.org


PIKIRAN RAKYAT - Baru-baru ini bos Tesla, Elon Musk menyarankan pengguna untuk mengunduh aplikasi Signal usai WhatsApp menerbitkan kebijakan baru terkait berbagi data dengan Facebook.

Aplikasi Signal menawarkan sejumlah keamanan yang lebih ketat, termasuk keamanan enkripsi end-to-end. Ini menjadi alasan warga Hong Kong berbondong-bondong mengunduh aplikasi ini demi menghindari pengawasan dari pemerintah.

Setelah munculnya pernyataan Elon Musk tersebut, Signal semakin banyak diunduh di toko aplikasi Apple dan Google.

Baca Juga: Banjir Bandang Hantam Kawasan Puncak Cisarua Bogor, BPBD Berhasil Evakuasi 474 Warga

Lantas, apa itu aplikasi Signal?

Aplikasi Signal sudah ada sejak tahun 2015. Aplikasi ini memungkinkan pengguna mengirim teks, panggilan telepon, video, file, panggilan telepon video, dan lokasi secara gratis menggunakan enkripsi end-to-end.

Seperti aplikasi perpesanan lainnya, Signal berfungsi menggunakan nama dan nomor telepon asli untuk mencari dan menghubungi orang-orang yang sudah dikenal.

Baca Juga: Jelang The Voice Kids Indonesia, Isyana Sarasvati, Marcell, dan Yura Gelar Konser

Keamanan Signal

Dikutip Pikiran-rakyat.com dari Digital Trends, Signal dapat menyembunyikan pesan orang lain jika smartphone pengguna dicuri, diretas, atau disita oleh polisi. Bahkan jika pihak ketiga mendapatkan akses pesan pengguna akan muncul dalam kode yang tidak dapat dipecahkan.

Halaman:

Editor: Julkifli Sinuhaji

Sumber: Digital Trends


Tags

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X