Dalam 50 Tahun Terakhir, Bumi Berputar Lebih Cepat di Tahun 2021

- 6 Januari 2021, 14:33 WIB
Ilustrasi bumi dan bulan. /Pixabay/Comfreak

PIKIRAN RAKYAT - Di tahun 2021 ini, Bumi mengalami perputaran tercepatnya dari biasanya.

Bahkan pakar mengungkapkan, kecepatan ini menjadi yang tercepat dalam setengah abad terakhir.

Dikutip dari DailyMail, Rabu (6 Januari 2021) akibat cepatnya rotasi Bumi, panjang hari saat ini akan terasa lebih pendek dari hitungan 24 jam yang ditentukan.

Baca Juga: Sanksi Edinson Cavani karena Rasis, FA Justru Dianggap Diskriminatif

Hal ini juga menjadi perdebatan par pencatat waktu. Karena mereka belum memastikan apakah mereka akan menghapus satu detik dari hitungan waktu resmi sesuai perubahan sehingga hitungannya sesuai dengan rotasi Bumi.

Sementara penambahan 'detik kabisat negatif' belum pernah dilakukan, total 27 'detik kabisat' telah ditambahkan sejak tahun 1970-an, untuk menjaga waktu atom sejalan dengan waktu matahari.

Ini karena, selama beberapa dekade, Bumi membutuhkan waktu sedikit lebih lama dari 24 jam untuk menyelesaikan rotasi. Tapi sejak tahun lalu, rotasi memakan waktu sedikit lebih sedikit.

Baca Juga: Tangkis Keraguan Vaksin Covid-19, Ketua Tim Uji Klinis Sinovac: Harusnya Lebih Takut Serangan Virus

Sebagaimana diberitakan Galamedianews.com dalam artikel, "Rotasi Tercepat dalam 50 Tahun, Bumi Berputar Lebih Cepat Tahun 2021 Akan Cepat Berlalu", sejak 1960-an, jam atom mencatat panjang hari yang sangat akurat dan menemukan bahwa selama 50 tahun terakhir, Bumi membutuhkan waktu kurang dari 24 jam (86.400 detik) untuk menyelesaikan satu rotasi.

Halaman:

Editor: Mitha Paradilla Rayadi

Sumber: Galamedia News


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X