Lawan Pengaruh Tiongkok, Jepang Siap Bantu India dalam Bidang Teknologi 5G

- 29 November 2020, 12:25 WIB
Kolase bendera Jepang dan India /Pixabay/Unsplash/hari_mangayil/Jason Leung


PIKIRAN RAKYAT - Jepang dan India akan bekerja sama di bidang informasi dan komunikasi untuk melawan pengaruh Tiongkok yang semakin besar pada telekomunikasi dan infrastruktur digital termasuk 5G.

"Kedua pemerintah akan mendukung pengenalan jaringan nirkabel 5G, kabel serat optik bawah laut, dan teknologi lainnya ke India dari perusahaan Jepang," kata para pejabat Jepang, seperti dikutip Pikiran-rakyat.com dari Nikei Asian Review, Minggu, 29 November 2020.

Selain itu, Jepang akan menerima kerjasama dari India dalam membina para profesional yang fasih dalam teknologi digital.

Baca Juga: Tegas Nyatakan Siap Perang, Kepala Militer India: Tiongkok Tak Bisa Kalahkan Kami

Kerja sama itu akan melibatkan proyek-proyek senilai puluhan miliar yen (ratusan juta dolar AS).

Persiapan sedang dilakukan untuk menandatangani nota kesepahaman dalam menyelesaikan kesepakatan komprehensif pada pertemuan online pada bulan Desember 2020 antara Menteri Dalam Negeri Jepang dan Menteri Komunikasi Ryota Takeda dan Ravi Shankar Prasad selaku Menteri telekomunikasi India.

Menteri kabinet Jepang dan India belum pernah menandatangani nota kesepahaman (MOU) semacam itu sebelumnya.

Baca Juga: India-Tiongkok Memanas, Rusia Hadir Jadi Penengah dan Siap Kena Dampak Buruk Pertikaian

Menyusul bentrokan perbatasan antara India dan Tiongkok pada bulan Juni, pemerintah India memperkenalkan tindakan balas dendam tit-for-tat termasuk larangan penggunaan TikTok, Alibaba dan sebagainya.

Meningkatnya ketegangan dengan Tiongkok, mendorong India untuk mempromosikan kerja sama dengan Jepang di bidang komunikasi.

Halaman:

Editor: Julkifli Sinuhaji

Sumber: Nikkei Asian Review


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X