Pikiran Rakyat
USD Jual 14.032,00 Beli 14.130,00 | Sedikit awan, 23.1 ° C

Duel Seri Terbaru Xiaomi untuk Gaming dan Bikin Konten

Gita Pratiwi A
TAMPILAN gim di Redmi Note 8 Pro.*
TAMPILAN gim di Redmi Note 8 Pro.*

PASAR smartphone terus diramaikan oleh handphone Rp 2 jutaan, dengan berbagai pemenuhan kebutuhan yang ditawarkan. 

Sesuai tren, orang selalu tertarik, apakah kameranya sudah memenuhi kebutuhan konten sebagai vlogger. Sebagian lainnya memilih berdasarkan kapasitas dan kemampuan smartphone dalam gaming.

Ulasan kali ini, membuka spesifikasi dua produk berdekatan dari Xiaomi, Redmi Note 8, Redmi Note 8 Pro, yang baru meluncur di Indonesia awal November 2019 ini.

Pertama, Redmi Note 8 memiliki formasi empat kamera di bagian belakangnya. Kamera utamanya yang memiliki resolusi sangat tinggi 48MP menggunakan sensor 1/2" dengan bukaan f/1.79 serta sudut pandang 79.4°. Adapun kamera ultra-wide 8MP hadir dengan sudut pandang 120°, lensa makro 2MP, dan sensor kedalaman 2MP.

Di bagian depan, Redmi Note 8 mengandalkan kamera selfie 13MP dengan bukaan f/2.0 dan teknologi AI. Penggila fotografi dengan smartphone akan dipuaskan teknologi sensor menggabungkan yang 4 piksel menjadi gambar detail warnanya akurat. Selain lensa makronya yang dilengkapi autofokus, wide lensnya bisa digunakan untuk mengambil video. 

Sebuah deretan fitur yang memanjakan Anda yang mencari HP untuk membuat vlog, atau foto dengan kualitas baik di Instagram.

"Seri ini dapat merekam audio dengan lebih baik, karena telah mengalami peningkatan sekitar 40 persen, dari seri sebelumnya," ujar Andi Renreng, Public Relations Manager of Xiaomi Indonesia.

Sedangkan Redmi Note 8 Pro, kamera utamanya yang memiliki resolusi sangat tinggi 64MP, yang dapat merekam foto-foto luar biasa dan dapat dicetak menjadi foto setinggi 3,26 meter. Smartphone ini juga menggunakan 1.6μm 4-in-1 Super Pixel untuk mengumpulkan lebih banyak cahaya dalam pemotretan malam hari sehingga dapat menghasilkan foto yang lebih terang. 

Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro.*

Ia juga dilengkapi dengan kamera ultra-wide 8MP dengan sudut pandang sampai 120 derajat, lensa makro 2MP, dan sensor kedalaman 2MP. Sama-sama dilengkapi AI, kamera depannya hadir dengan 20MP.

Redmi Note 8 Pro juga lebih spesifik dalam memanjakan pemain gim. Misalnya dengan baterai berkapasitas tinggi 4500mAh, processor mutakhir MediaTek Helio G90T, CPU octa-core, yang artinya kecepatannya bisa dikunci sampai 2.05GHz.

Keberadaan fitur LiquidCool, menjadikan pengguna berpengalaman gaming dengan kecepatan tinggi tanpa khawatir terjadi overheating. "Part tersebut dapat mengurangi panas 4 sampai 6 derajat Celcius," kata Andi lagi.

Keberadaan WiFi X antena di sisi horizontalnya, memungkinkan penerimaan wifi lebih maksimal saat mode berbaring. Andi juga menjagokan kemampuan fast chargingnya yang mencapai 18 Watt, yang sudah termasuk dalam set boks.

Meskipun Redmi Note 8 juga dilengkapi chipset yang powerful dan baterai berkapasitas besar 4.000mAh, tapi itu harus dipasangkan melalui port USB Type-C. 

Kembar Redmi Note 8 itu sama-sama memiliki kamera dengan kelebihan terkini. Namun, soal kebutuhan bermain gim lebih optimal, tentu Note 8 Pro lebih memadai. Kedua HP memiliki komposisi RAM dan memori yang berbeda. Note 8 hadir dengan 3 GB+32GB, 4GB+64GB, dan 4GB+128GB. Sementara Note 8 Pro hanya terdiri dari dua pilihan, yakni 6GB+64GB, 6GB+128GB, dengan tambahan LPDDR4x RAM, UFS 2.1 Storage.***

Bagikan: