Pikiran Rakyat
USD Jual 14.037,00 Beli 14.135,00 | Berawan, 20.8 ° C

TV Android Bisa Geser Tren Penggunaan Smartphone

Gita Pratiwi
TV Android.*/GITA PRATIWI/PR
TV Android.*/GITA PRATIWI/PR


KEBIASAAN menonton televisi disebut mengalami pergeseran setelah maraknya penggunaan smartphone dalam satu dekade terakhir. Akan tetapi melalui pengayaan fitur televisi, seperti hadirnya televisi dengan internet (smart TV), disebut mengembalikan kebiasaan itu lagi. Apalagi TV berbasis sistem operasi Android, dengan intelijen artifisialnya.

Hal itu disampaikan Ayip Bayu Satrio selaku Asisten Marketing Manager TCL Indonesia, Senin, 4 November 2019.

Ayip menjelaskan, smart TV kini telah dilengkapi fitur AI resmi Google, layaknya smartphone tablet, atau pun smartwatch. Sehingga pengguna dapat dengan mudah mengakses berbagai konten dengan kontrol suara sederhana. 

"Siapapun dapat dengan mudah mengontrol TV dan perangkat rumah lainnya hanya dengan suara. Produk ini juga memiliki akses langsung ke fitur asisten, Play Store, Alexa dan Google Home untuk mengontrol perangkat rumah," ujar dia.

Pada Minggu, 3 November 2019, digelar TCL Fair bertajuk "First Love with TCL" di Yogya Jalan Kepatihan, Kota Bandung. Dalam pameran yang menyajikan promo, diskon, dan  hadiah tersebut, Ayip ingin masyarakat lebih terbuka terhadap produk elektronik asal Tiongkok.

"Mungkin selama ini masyarakat masih memandang sebelah mata produk Tionglok. Sebagai jaminan kami memberikan garansi 3 tahun. Sejauh ini, kami memimpin di Amerika Serikat," ujar Ayip. 

Dia mengakui, di Indonesia, keberadaan smart TV belum begitu populer, karena penggunaan gawai dalam genggaman masih lebih utama daripada perangkat lainnya. Namun dia optimistis, warga Kota Bandung lebih melek terhadap keunggulan TV Android, terutama milenial.  

"Milenial, generasi yang cukup melek dalam memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk mempermudah aktivitas. Dengan TV Android, mereka bisa mengoperasikan televisi dalam kondisi apa pun. Tidak sedikit dari masyarakat kita, sudah lelah dengan penggunaan handphone. Namun, tuntutan pekerjaan pun terkadang masih tidak bisa dihindari ketika berada di rumah. Nah TV Android inilah yang dapat dimanfaatkan sebagai pengganti handphone dirumah," ujar dia.*** 

Bagikan: