Pikiran Rakyat
USD Jual 14.095,00 Beli 14.193,00 | Langit umumnya cerah, 22.7 ° C

Ingin Beli iPhone Murah, Ini Waktu yang Tepat Sesuai Riset

Yusuf Wijanarko
IPHONE 11 Pro Max/APPLE
IPHONE 11 Pro Max/APPLE

SMARTPHONE terbaru, iPhone 11 baru saja dirilis minggu lalu dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan model-model flagship sebelumnya seperti iPhone XR.

Harga iPhone 11 sekira 699 dolar atau Rp 9.049.980 sedangkan iPhone XR dibandrol 749 dolar atau sekira Rp 10.444,430 ketika pertama kali dirilis pada Oktober tahun lalu.

Beberapa orang tidak menanggapi perbedaan harga itu sebagai masalah untuk membeli produk iPhone. Menariknya, sebagian orang menganggap peluncuran iPhone terbaru justru menjadi momen yang tepat untuk membeli iPhone model sebelumnya.

Berdasarkan tren itu, iPrice Group melakukan studi mengenai harga iPhone terutama untuk model yang lebih dahulu diluncurkan seperti iPhone 7, 8, X, dan XS. Tujuan studi itu adalah untuk menemukan pola penurunan harga iPhone sejak pertama kali dirilis, 6 bulan setelah dirilis, dan 12 bulan sejak dirilis.

Dari studi itu, ditemukan fakta-fakta unik dan menarik mengenai penuruan harga iPhone sejak pertama dirilis.

TREN penurunan harga iPhone/IPRICE

Untuk mendapatkan iPhone dengan harga hampir setengah dari harga aslinya, kita harus menunggu 3 tahun sejak pertama rilis. Penurunan itu didukung data bahwa iPhone 7 harganya menurun 55 persen sejak pertama kali diliris.

Harga iPhone juga akan menurun 6 bulan setelah rilis. Rata-rata penurunan sekira 5 persen. Sementara rata-rata penurunan harga iPhone yaitu 16 persen dari harga rilisnya terjadi sejak 12 bulan dari rilis pertama kali.

iPhone X adalah model iPhone dengan penurunan harga yang paling signifikan. Dalam 6 bulan pertama, penurunannya sampai 11 persen dan setelah 12 bulan penurunan sampai ke angka 27persen.

Hal itu terjadi karena Apple menghentikan produksi iPhone X setelah setahun dirilis dan mereka berfokus memproduksi iPhone XS.

Jika melihat tren penurunan harga itu, ada kemungkinan iPhone 11 akan “lebih” terjangkau setelah 6 bulan dirilis. Setelah 3 tahun, penurunan akan menajdi 55 persen dari harga asli ketika pertama dipasarkan.***

Bagikan: