Pikiran Rakyat
USD Jual 14.279,00 Beli 14.181,00 | Umumnya cerah, 27.1 ° C

Apple akan Meluncurkan Beberapa Emoji Baru

Huminca Sinaga
FOTO ilustrasi logo Apple.*/REUTERS
FOTO ilustrasi logo Apple.*/REUTERS

SAN FRANCISCO, (PR).- Perusahaan elektronik Apple telah mengumumkan akan segera meluncurkan beberapa emoji baru – termasuk didalamnya pengguna kursi roda, orang dengan tongkat berjalan dan alat bantu pendengaran.

Dilansir BBC News, Rabu 17 Juli 2019, mereka mengeluarkan emoji terbarunya di Hari Emoji Dunia, sebagai bagian dari gerakan perusahaan teknologi untuk lebih ramah terhadap kelompok difabel.

Model emoji baru untuk difabel telah diusulkan sejak tahun lalu dan segera dirilis untuk para pengguna Apple tahun ini.

Seorang juru bicara Apple mengatakan: “merayakan perbedaan dalam semua bentuk apapun adalah nilai-nilai yang bulat bagi Apple.

“Beberapa pilihan baru membantu untuk mengisi sebuah jarak yang signifikan dalam papan tuts emoji.”

Termasuk juga di dalamnya model baru variasi warna kulit dari emoji “berpegangan tangan,” dan juga hewan-hewan baru seperti burung flamingo dan makanan termasuk gambar wafel dan falafel.

Mereka membuat sekitar 20 gambar emoji yang diumumkan sekarang, dan selebihnya akan diumumkan pada musim semi.

Apple telah memiliki usulan yang diterima untuk emoji-emoji barunya oleh konsorsium Unicode, yang bertanggung jawab untuk menyetujui karakter-karakter emoji baru.

Pada saat itu perusahaan raksasa dibidang teknologi ini mengatakan bahwa mereka ingin menugaskan emoji-emoji barunya untuk “berbicara mengenai pengalaman hidup bagi mereka yang mengalami disabilitas”.

Emoji-emoji baru besutan Apple tidak mewakili semua bentuk disabilitas, tetapi ini harus  dilihat sebagai langkah awal untuk mewakili perbedaan di dunia emoji yang lebih baik.

Daftar penuh emoji baru yang akan dikeluarkan pada musim semi ini adalah: seekor anjing penuntun, sorang lelaki dan perempuan berjalan menggunakan tongkat;

sorang lelaki dan perempuan menandakan bahwa mereka tuna rungu; seorang lelaki dan perempuan yang keduanya menggunakan kursi roda baik manual atau mekanis;
seekor anjing pelayan; sebuah tangan buatan; sebuah kaki buatan.

Selain itu, juga akan dirilis emoji ‘berpegangan tangan’ yang memiliki banyak variasi warna kulit. Kemudian, emoji baru lainnya adalah wajah menguap, emoji hewan -kukang, sigung, burung flamingo-, emoji benda: parasut, yo-yo, layang-layang, dan emoji pakaian: rompi keselamatan, pakaian renang.***

Bagikan: