Pikiran Rakyat
USD Jual 14.280,00 Beli 14.182,00 | Sebagian berawan, 20.7 ° C

Pada 10 Juni 2019, Yupiter Bisa Dilihat dengan Mata Telanjang

Tim Pikiran Rakyat
PLANET Yupiter dan salah satu bulannya, Ganymede (bawah), dalam foto yang dirilis NASA, 9 April 2007.*/REUTERS
PLANET Yupiter dan salah satu bulannya, Ganymede (bawah), dalam foto yang dirilis NASA, 9 April 2007.*/REUTERS

WASHINGTON, (PR).- Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengatakan Yupiter akan berada paling dekat dengan Bumi pada bulan ini.Yupiter akan begitu dekat sehingga para pengamat langit akan bisa melihatnya dengan mata telanjang dan dengan peralatan sederhana, bisa melihat beberapa bulan terbesarnya.

"Planet terbesar dalam sistem tata surya itu adalah permata yang cemerlang bagi mata telanjang, tetapi tampak fantastis dengan teropong atau teleskop kecil, yang akan memungkinkan kita melihat empat bulan terbesar," tulis kata NASA pada situs webnya yang dilansir VOA.

Beberapa mungkin juga "melihat sedikit awan" yang mengelilingi planet itu, kata NASA.

Peluang terbaik adalah Senin 10 Juni 2019, ketika Yupiter, Bumi dan Saturnus berada pada garis lurus. Ini adalah peristiwa tahunan yang disebut "oposisi." Dari 14 hingga 19 Juni, astronom amatir bisa melihat "susunan indah" Bulan, Yupiter, dan Saturnus, yang akan berubah setiap malam sementara Bulan mengorbit Bumi.

Bagi yang ingin melihat planet terbesar dalam tata surya kita itu lebih dekat, NASA menyarankan mengunjungi situs webnya dan melihat gambar yang dikirim Juno, wahana antariksa yang saat ini mengorbit Yupiter.***
 

Bagikan: