Pikiran Rakyat
USD Jual 14.089,00 Beli 14.187,00 | Berawan, 28.6 ° C

Kembangkan Teknologi 5G untuk iPhone, Apple Ada di Tengah Rayuan Huawei dan Intel

Okky Ardiansyah
Apple/REUTERS
Apple/REUTERS

APPLE sempat berencana mengakuisisi produsen cip terbesar di dunia, Intel. Namun, rencana itu kemungkinan besar batal setelah perselisihan Apple dengan Qualcomm berakhir lewat jalan damai.

Mashable memberitakan, berdasarkan laporan The Wall Street Journal, Apple bahkan sudah membangun komunikasi dengan Intel terkait rencana akuisisi. Rencana tersebut bersumber dari keinginan Apple menemukan pemasok teknologi 5G iPhone selanjutnya.

Apalagi, Intel merupakan pemasok modem utama iPhone XS dan XR. Kerja sama itu telah berjalan dalam beberapa tahun belakangan. Maka, tak heran apabila Apple mengutarakan minatnya untuk mengakuisisi bisnis modem smartphone Intel.

Apple/REUTERS

Selain itu, perselihan Apple dengan pemasok modem terdahulu, Qualcomm, bergulir ke meja hijau tetapi Kini telah usai. Apple tak perlu repot-repot mencari pemasok cip 5G untuk iPhone pada masa depan.

Tak lama setelah Apple dan Qualcomm berdamai, Intel buru-buru mengeluarkan pernyataan resmi bahwa mereka batal mengembangkan cip 5G. Dengan begitu, rencana Apple untuk mengakuisisi Intel dikabarkan tak akan terlaksana.

Apple sempat digoda Huawei

Sebelum kabar soal rencana Apple mengakuisisi Intel mencuat, Huawei membuka kemungkinan menjual cip 5G berkecepatan tinggi kepada Apple, yang notabane merupakan pesaing mereka. Tawaran itu dilontarkan langsung oleh pendiri sekaligus CEO Huawei, Ren.

“Kami terbuka untuk Apple dalam hal ini (menjual cip 5G berkecepatan tinggi),” ucap Ren sebagaimana dilaporkan CNBC.

Cip 5G yang dikembangkan Huawei bisa menjadi daya tarik bagi Apple. Sejauh ini, Apple belum merilis perangkat 5G yang dapat mendukung iPhone. Selain itu, cip 5G milik Huawei merupakan alternatif terbaik untuk perusahaan smartphone asal Amerika Serikat itu.

Tak hanya itu, Ren tak ragu mengakui kehebatan pendiri Apple, Steve Jobs. Ia bahkan menyebut Steve Job sebagai orang yang sang hebat.

“Steve Jobs hebat bukan karena ia menciptakan Apple, tetapi karena ia mampu menciptakan era, era internet seluler. Mengatakan bahwa ia hebat adalah pernyataan yang meremehkan. Karena, saya pikir, ia sangat hebat,” kata Rei.***

Bagikan: