Pikiran Rakyat
USD Jual 14.279,00 Beli 14.181,00 | Sebagian berawan, 18.2 ° C

Inilah Cara Aktifkan Mode Gelap Google Chrome untuk Android

Okky Ardiansyah
*/GOOGLECHROME
*/GOOGLECHROME

MODE gelap dalam aplikasi Google Chrome untuk smartphone berbasis Android sudah bisa diterapkan, meskipun Google masih menyempurnakan fitur tersebut. Hal itu sekaligus mengonfirmasi kabar bahwa Google tengah menggarap mode gelap pada awal 2019 lalu.

Lifehacker melaporkan bahwa ada beberapa langkah yang mesti dilalui pengguna untuk memakai mode gelap dalam Google Chrome. Langkah pertama adalah mengetik ‘chrome://flags’ pada kolom pencarian dan tekan enter atau telusuri.

Setelah masuk ke Google Chrome Flag, pengguna mengetik ‘Android Chrome UI dark mode’ pada kolom pencarian dan tekan enter atau telusuri. Kemudian, pengguna tinggal mengubah pengaturan pada ‘Android Chrome UI dark mode’ dari default menjadi enabled.

Tutup Google Chrome dan buka kembali. Setelah itu, pengguna tinggal klik pengaturan dan mengaktifkan fitur mode gelap. Tampilan Google Chrome yang semula didominasi warna putih berubah menjadi hitam.

Jika melihat rangkaian tersebut, mengaktifkan mode gelap di Google Chrome terbilang rumit dan sulit. Hal itu tak lepas dari belum finalnya mode gelap yang digarap oleh Google. Google masih terus menyempurnakan mode gelap Google Chrome untuk ponsel berbasis android.

Tak hanya itu, mode gelap sendiri masih sebatas tampilan utama dan pengaturan. Ketika pengguna melakukan penelusuran di kolom URL, tampilan hasil penelusuran akan kembali putih. Tentu saja, pengguna Google Chrome via ponsel berbasis android mesti bersabar menanti fitur tersebut dari Google.

Alangkah baiknya, pengguna menanti rilis resmi dari Google terkait mode gelap Google Chrome untuk ponsel berbasis Android. Selain lebih mudah mengaktifkan, pengguna juga bisa berselancar dengan mode yang disebut banyak pihak irit baterai.

Apalagi, peluncuran fitur mode gelap Google Chrome untuk ponsel berbasis Android berberengan dengan rilis Android Q. Namun, perlu digarisbawahi, kabar tersebut masih berupa rumor karena Google belum mengeluarkan pernyataan resmi.***

Bagikan: