Pikiran Rakyat
USD Jual 14.317,00 Beli 14.219,00 | Sebagian berawan, 21.4 ° C

Jelang Lebaran, Traffic Data Internet Meningkat

Asep Budiman
REGIONAL Head Smartfren Jawa Barat, Edward Bambang.*/ASEP BUDIMAN/PR
REGIONAL Head Smartfren Jawa Barat, Edward Bambang.*/ASEP BUDIMAN/PR

BANDUNG, (PR).- Menjelang bulan Puasa dan Lebaran, biasanya terjadi lonjakan pengguna smartphone baru dan peningkatan traffic data internet. Kondisi ini kerap dimanfaatkan operator telekomunikasi untuk menggaet pelanggan baru melalui bundling kartu perdana dengan telefon pintar.

Momentum ini yang juga dimanfaatkan oleh Smartfren dengan meluncurkan kartu perdana (starter pack) Bosku. Kartu ini khusus dihadirkan Smartfren bagi para pengguna perangkat smartphone 46 merek terkemuka di pasaran yang sudah berteknologi 4G.

Regional Head Smartfren Jawa Barat, Edward Bambang, mengatakan, kartu perdana ini dikhususkan pula untuk pengguna pertama SP Bosku. Kartu perdana ini dijual terbatas, hanya tersedia di gerai atau outlet tertentu, misalnya gerai Smartfren atau smartphone center karena dipaketkan (bundling) dengan telefon pintar baru. 

"Sasaran utama pengguna ponsel baru berteknologi 4G. Karena terbatas, alokasinya hanya 1/4 dari jumlah perdana reguler. Kartu ini juga tidak bisa digunakan di handphone Andromax," ucapnya di kawasan Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung, Selasa, 9 April 2019.

Edward menjelaskan, permintaan kartu perdana ini diperkirakan akan mencapai puncaknya menjelang Lebaran. Pada momen itulah biasanya penjualan smartphone baru melonjak mengingat sebagian masyarakat sudah mendapat tunjangan hari raya ataupun bonus.

Sementara itu, Regional Network Operation and Maintenance Manager Heru Setiawan menambahkan, setiap program yang diluncurkan Smartfren akan menaikkan traffic network. Untuk itu, pihaknya berusaha mengimbangi dengan menyiapkan kapasitas transmisi dan base transceiver station (BTS) baru. 

"Masalah di transmisi, harusnya sudah optik. Kita menuju ke sana. Network kita cepat penuh sudah 80 persen sehingga terus di-update agar tidak terengah engah," ujarnya.

Heru menyatakan lonjakan pengguna selama bulan Puasa akan tinggi. Oleh karena itu, Smartfren akan menaikkan kapasitas sekitar 20-25 persen di sejumlah titik di Jawa Barat, terutama di lintasan arus mudik.***
 

Bagikan: